Scroll to Top

Wanita Hamil Sebaiknya Hindari Makanan Ini

By C Novita / Published on Saturday, 04 Aug 2012

makanan wanita hamilWanita hamil harus selalu menjaga asupan makanan yang dikonsumsinya, sebab kesehatan dan pertumbuhan janin dalam rahimnya tergantung dari makanan tersebut. Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh wanita hamil, sebab dikhawatirkan akan membahayakan janinnya.

Apa saja makanan yang disarankan tak dikonsumsi oleh wanita hamil? Simak berikut ini;

  • Daging setengah matang. Proses memasak yang belum sempurna pada daging, dikhawatirkan akan membuat bakteri toksoplasmosis, salmonella, atau coliform masih hidup. Bakteri tersebut dapat membuat pertumbuhan janin terganggu, dan menyebabkan cacat.
  • Susu hewan yang belum dipasteurisasi. Susu yang belum melewati proses pemasakan atau pasteurisasi dikhawatirkan masih mengandung bakteri yang berasal dari binatang penghasil susu.
  • Telur mentah. Jika sebelum hamil Anda punya kebiasaan minum jamu yang dicampur dengan telur mentah atau setengah matang, maka sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Pada telur mentah dan setengah matang masih terdapat bakteri yang hidup dalam telur, dan berbahaya untuk janin.
  • Kafein. Minuman yang mengandung kafein sebaiknya Anda batasi asupannya saat hamil. Sifat kafein yang menyebabkan penyerapan kalsium terganggu, serta efek diuretiknya akan menimbulkan kerugian bagi Anda dan janin.
  • Alkohol / narkotika. Jelas sekali kedua hal tersebut tak menghasilkan keuntungan bagi pertumbuhan janin, bahkan dapat memicu keguguran.
  • Sayuran mentah. Mengkonsumsi sayuran yang masih mentah dikhawatirkan terkontaminasi bakteri yang berasal dari kebun dimana sayur tersebut ditanam. Sebaiknya masak dahulu sayuran yang Akan Anda konsumsi, agar semua aman dan sehat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda