Scroll to Top

Foxconn Mengganti Pegawainya Dengan Penggunaan Robot

By Ivan Azzam / Published on Monday, 01 Aug 2011

Sebuah langkah unik diambil suatu perusahaan di Taiwan, Foxconn. Foxconn berencana mengganti beberapa pegawainya dengan 1 juta robot dalam jangka waktu 3 tahun demi mengurangi upah buruh.

Perusahaan tersebut, yang sering menjadi rekanan perusahaan besar seperti Apple dan Hewlett-Packard akan menggunakan robot untuk melakukan pekerjaan sederhana, yang sekarang dilakukan buruh, seperti yang dikutip dari pernyataan Terry Gou, CEO dan pendiri perusahaan Foxconn via Venturebeat.

Penggunaan robot tersebut tentunya bagi perusahaan akan meningkatkan efisiensi namun memotong lahan pekerjaan buruh. Saat ini, perusahaan memiliki 10.000 robot, dan meningkat menjadi 300.000 tahun depan, dan 1 juta di tahun ketiga. Tentunya di satu sisi, penggunaan robot ini akan memudahkan pekerjaan dimana manusia tidak mau atau tidak mampu, namun juga di sisi lain menghilangkan lapangan pekerjaan.

Foxconn sendiri menjadi pembuat komponen komputer terbesar di dunia. Saat ini perusahaan tersebut memiliki 1,2 juta pegawai, dimana 1 juta diantaranya berada di daratan utama Cina.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda