Scroll to Top

Empat Negara Yang Masuk Semifinal Sepakbola Olimpiade London 2012

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 05 Aug 2012

Jepang vs Mesir 3-0 (2)

Jepang, Meksiko, Brazil, dan Korea Selatan lolos ke semifinal Olimpiade London 2012. Keempatnya menuai hasil meyakinkan di babak perempat final: Jepang vs Mesir 3-0, Meksiko vs Senegal 4-2, Brazil vs Honduras 3-2, dan Korea Selatan vs Britania Raya 5-4 (adu penalti). Jadwal semifinal Olimpiade London 2012 sendiri akan diselenggarakan pada 7 dan 8 Agustus 2012.

1. Jepang

Samurai Biru terkenal dengan gaya bermain mereka yang rapi dan disiplin. Lini pertahanan yang digalang Maya Yoshida terbukti luar biasa. Hingga saat ini belum ada satu negara pun yang bisa mengoyak gawang Shuichi Gonda dalam empat pertandingan. Sementara, untuk urusan ketajaman lini depan, duet Kensuke Nagai-Yuki Otsu masing-masing sudah membukukan dua gol. Jepang tentu ingin memperbaiki catatan terapik mereka di Olimpiade, kala meraih perunggu di Meksiko 1968.

Jepang

2. Meksiko

7 gol sudah dibukukan Giovani dos Santos dkk. sepanjang empat pertandingan di London 2012. Sang mantan gelandang Barcelona yang kini bermain untuk Tottenham Hotspur, menjadi top skorer negaranya dengan tiga gol.

Sejarah Meksiko tidak sebaik Jepang. Sepanjang 10 kali partisipasi mereka di Olimpiade, tidak ada satu medali pun yang diboyong El Tricolor. Maka, pertemuan dengan Samurai Biru akan membuka jalan bagi salah satu dari keduanya meraih emas pertama.

Meksiko vs Senegal 4-2

3. Brazil

Tim terproduktif di antara para semifinalis. 12 gol dalam 4 pertandingan dan selalu mengemas 3 gol di setiap laga. Memiliki trisula maut Neymar-Leandro Damiao-Hulk. Andai salah satu di antara mereka absen, masih ada Pato yang tak kalah menyengat. Didukung dengan gelandang-gelandang berbakat seperti Oscar dan Sandro, barisan penyerang tim samba adalah ancaman serius untuk lawan mereka di semifinal, Korea Selatan.

Brazil vs Honduras 3-2

4. Korea Selatan

Cuma tiga gol yang dibukukan oleh anak asuk Hong Myung-Bo untuk sampai ke semifinal. Itu pun dari tiga orang berbeda. Namun, bukan berarti Korea Selatan layak diremehkan. Daya juang yang tinggi dan banyaknya pemain mereka yang sudah mengenal kompetisi ketat Eropa membuat Park Chu-Yong dkk. bisa menjadi masalah besar untuk Brazil. Kalau tuan rumah Britania Raya bisa disingkirkan, mengapa Brazil tidak?

Korea Selatan vs Britania Raya 5-4

Jadwal Semi Final Olimpiade 2012

  • 7 Agustus 2012 pukul 23.00    Meksiko vs Jepang
  • 8 Agustus 2012 pukul 01.45    Korea Selatan vs Brazil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda