Scroll to Top

Hasil Olimpiade London 2012: Brazil vs Honduras 3-2

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 05 Aug 2012

Brazil vs Honduras (1)

Tim Samba sukses memastikan langkah ke semifinal cabang sepakbola Olimpiade 2012 berkaat hasil Brazil vs Honduras yang berakhir dengan skor 3-2. Dua kali Neymar dkk. tertinggal, namun Selecao menunjukkan kualitas mereka. Pujian layak disematkan kepada Leandro Damiao yang mencetak dua gol dan membuat Neymar mencetak gol penalti.

Brazil terlebih dahulu membuka peluang. Leandro Damiao yang tinggal berhadapan dengan kiper Jose Mendoza, gagal mencapai target. Tembakannya melayang dan seperti menandai kesialan tim samba di awal babak pertama.

Bukan Honduras jika tak mengejutkan. Ketika orang menebak menit berapa Neymar dkk. mampu menyarangkan gol, justru Mario Martinez yang mengejutkan. Menerima umpan Roger Espinoza, gelandang nomor 7 melepaskan tembakan voli cantik dari sudut dekat yang menaklukkan Neto di menit 12.

Unggul ball possesion dan jumlah tembakan, Brazil seperti kehilangan magis di depan gawang Jose Mendoza, setidaknya hingga setengah jam pertama. Keadaan memburuk bagi tim kejutan di menit 32 dan 33. Dalam waktu singkat, Wilmer Crisanto menerima dua kartu kuning. Sang bek berusia 23 tahun menghilang dan Brazil sukses memanfaatkan keadaan lima menit berselang.

Adalah Leandro Damiao yang mampu memanfaatkan rapuhnya Honduras sejak lawan bermain dengan sepuluh orang. Hulk sukses memancing Mendoza keluar dari sarang dan saat itulah ia melepaskan umpan ke tengah kotak penalti kecil. Bek Honduras yang menahan bola harus menelan pil pahit ketika Damiao menyerobot dan mencetak gol penyeimbang kedudukan.

Ketika babak kedua semestinya berjalan gelap untuk Honduras, mereka justru berhasil unggul kembali. Aksi Roger Espinoza di sisi kiri pertahanan Brazil tak bisa dibendung dan dilesakkannya bola ke sudut jauh gawang Neto. 1-2 di menit 48.

Kebahagiaan yang datang dengan singkat. Semenit berselang, wasit menunjuk titik putih setelah Leandro Damiao diganjal Jose Velasquez. Neymar yang menjadi eksekutor menjadi algojo sempurna untuk sekali lagi menyamakan kedudukan.

Leandro Damiao benar-benar menjadi momok bagi Honduras. Menit 60, menerima umpan Neymar, penyerang nomor 9 menggunakan tubuhnya untuk mengecoh seorang pemain belakang Honduras dan membuka ruang tembak. Sang penyerang Internacional berhasil melepaskan tembakan ke sudut dekat gawang lawan. 3-2.

Brazil vs Honduras (2)

Memasuki 10 menit terakhir, banjir kartu kuning pun melayang. Dalam tempo lima menit wasit Felix Brych memberi peringatan pada tiga pemain. Dan ‘kiamat’ bagi Honduras datang di injury time ketika Espinoza menerima kartu merah kedua. Tidak ada yang bisa dilakukan oleh Honduras yang harus bermain dengan sembilan orang. Brazil melenggang dengan rekor mencetak 12 gol dalam 4 pertandingan.

Brazil   Honduras
3 Gol 2
5 Tembakan ke Gawang 6
16 Tembakan 10
20 Pelanggaran 20
4 Tendangan Sudut 2
0 Offside 0
4 Kartu Kuning 5
0 Kartu Merah 2
56% Possession 44%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda