Scroll to Top

Hasil Sepakbola Olimpiade 2012: Britania Raya vs Korea Selatan 4-5 (Adu Penalti)

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 05 Aug 2012

Britania Raya vs Korea Selatan

Hasil pertandingan antara Britania Raya vs Korea Selatan berada di luar dugaan banyak kalangan; Park Chu-Yong dkk. sukses menekuk tuan rumah dalam drama adu penalti dengan skor 4-5, setelah dalam 120 menit bermain imbang 1-1.

Stuart Pearce menurunkan skuad terbaiknya, termasuk duet maut Craig Bellamy-Daniel Sturridge. Yang disimpan adalah Ryan Giggs. Sementara, pelatih Korea Selatan, Hong Myung Bo juga bersetia dengan formasi 4-5-1 dengan bertumpu pada Park Chu-Yong.

Menit-menit awal, Korea Selatan lebih banyak mengambil inisiatif serangan. Beberapa tembakan dilepaskan. Namun, hanya tembakan Ji Dongwon yang tepat sasaran; berhasil diamankan oleh Jack Butland.

Penantian panjang Korea Selatan untuk mencetak gol akhirnya terjawab di menit 29. Memanfaatkan tendangan sudut Ki Sung-Yueng, Ji Dong Won sukses menaklukkan Butland.

Britania Raya yang tertinggal, merespons tujuh menit kemudian. Wasit Wilmar Roldan menunjuk titik putih setelah dalam sebuah kemelut berkat tembakan Ryan Bertrand, bola menyentuh tangan pemain belakang Korea Selatan.

Aaron Ramsey, gelandang Arsenal yang menjadi algojo, menunaikan tugas dengan baik. Jung Sung-Ryong mampu membaca arah bola, namun tak cukup untuk menahan Britania Raya menyamakan kedudukan.

Selang dua menit, horor kembali menimpa Korea Selatan. Daniel Sturridge dilanggar di kotak terlarang oleh Ki Sung-Yeung. Sempat mengira akan membalikkan keadaan, kali ini penalti Ramsey diamankan oleh Sung-Ryong. Skor imbang 1-1 bertahan hingga turun minum.

Britania Raya vs Korea Selatan (2)

Sejam berlalu, kiper Jung Sung-Ryong ditarik keluar untuk digantikan oleh Lee Bum-Yong. Sepanjang babak kedua, Korea Selatan mulai membangun pertahanan yang kokoh dengan tetap mengandalkan serangan-serangan cepat.  Semetara, upaya Stuart Pearce untuk mencari gol kemenangan dengan memasukkan Ryan Giggs di menit 85 tak kunjung menemui jalan.

120 menit berlalu dan tidak ada gol tercipta, akhirnya drama adu penalti dimulai. Eksekutor pertama Britania Raya, Aaron Ramsey sukses menipu Lee sekaligus membayar kegagalannya di waktu normal. Sementara, kapten Koo Ja-Cheol juga dengan mudah mengecoh Butland.

Penendang penalti kedua, Tom Cleverley mengarahkan bola ke sudut kiri gawang lawan. Lee berhasil menebak, tapi tembakan CLlverley terlalu menusuk. Giliran Baek Sung-Dong untuk menekuk Butland dan memaksa skor imbang 2-2.

Eksekutor ketiga, Craig Dawson dan Hwang Se0-Kho sama-sama mulus menunaikan tugas. Ryan Giggs dan Park Jong-Woo terus melanjutkan keberhasilan para algojo dalam adu penalti.

Bencana datang bagi Britania Raya ketika Daniel Sturridge melihat tembakannya diblok oleh Lee. Penendang terakhir Korea, Jung Woo-Young akhirnya membawa negaranya lolos ke semifinal. Membuat Britania Raya takluk di kandang sendiri; dan mimpi mereka meraih emas setelah 100 tahun pupus.

Britania Raya vs Korea Selatan 4-5 (1)

Britania Raya   Korea Selatan
1 Gol 1
3 Tembakan ke Gawang 4
12 Tembakan 16
12 Pelanggaran 18
2 Tendangan Sudut 7
3 Offside 4
2 Kartu Kuning 4
0 Kartu Merah 0
58% Possession 42%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda