Scroll to Top

Google Nexus 7 Laris, Nvidia Untung Jutaan Dollar

By Ditya / Published on Sunday, 05 Aug 2012

nexus_7

Larisnya tablet Google Nexus 7 ini tidak hanya menguntungkan untuk Google dan Asus saja, tapi juga Nvidia. Produsen chip grafis terkemuka ini dikabarkan meraup untung jutaan dollar akibat larisnya penjualan tablet berukuran 7 inci tersebut.

Sebuah sumber anonim mengklaim bahwa Nvidia telah memperoleh pesanan lebih dari 3 juta chip prosesor quad-core Tegra 3 yang merupakan otak dari tablet Google Nexus 7.

Seperti yang dilansir dari Tomshardware (04/08/2012), sumber tersebut juga menyebutkan sekitar 3 sampai 4 juta unit tablet Galaxy Nexus 7 diharapkan dikapalkan hingga akhir tahun 2012.

Berapa harga sebuah chip prosesor quad-core Tegra 3? Nvidia dikabarkan membandrol harga chip prosesor Tegra 3 seharga USD $25 atau Rp. 230 ribuan yang artinya Nvidia memperoleh sekitar USD $75 juta untuk pesanan Tegra 3 untuk tablet Google Nexus 7.

Prestasi penjualan Galaxy Nexus 7 ini bisa saja berubah mengingat para pesaingnya seperti Apple iPad Mini dan Amazon Kindle Fire 2 belum diluncurkan ke pasar untuk bersaing dengan tablet besutan Google ini.

Tablet Google Nexus 7 memang sempat mengalami kelangkaan untuk model 16GB bahkan Google Play Store sempat kehabisan stok, meski saat ini sudah kembali tersedia.

Galaxy Nexus 7 tersedia dalam 2 model, model 8GB dibandrol dengan harga USD $199,99 dan model 16GB dibandrol dengan harga USD $249,99. Google kabarnya masih dapat memangkas harga tabletnya untuk bersaing dengan iPad Mini dan Amazon Kindle Fire 2.

Tak hanya itu, tablet berbasis ARM lain seperti Sony Xperia Tablet yang dikabarkan juga menggunakan prosesor Nvidia Tegra 3 quad-core juga akan segera dirilis dan siap memanaskan pasar tablet Android.

Meski tidak hanya tablet Google Nexus 7 saja yang menggunakan prosesor Nvidia Tegra 3, namun Google Nexus 7 ini memberi kontribusi besar untuk Nvidia dalam memulihkan kerugian bisnis prosesor ARM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda