Scroll to Top

Orang Tua Jadi Motivator Anak Rajin Berolahraga

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 05 Aug 2012

olahraga keluarga

Ingin anak-anak Anda rajin berolahraga? Jawabannya, itu tergantung dari sikap orang tua. Orang tua berpengaruh besar dalam memengaruhi kebiasaan anak untuk mau hidup secara aktif. Mereka akan meniru kebiasaan berolahraga kala orang tua mengajarkannya dengan sebuah teladan.

“Orang tua dan tingkat aktivitas anak saling berkorelasi,” kata Kristen Holm, asisten profesor kedokteran di National Jewish Health, Denver. “Ketika orang tua meningkatkan aktivitas (fisik) mereka, anak-anak meningkatkan juga (aktivitas) mereka. Efeknya lebih jelas pada akhir pekan,” tambahnya.

Pada studi ini, peneliti melibatkan 83 keluarga. Mereka diberikan program untuk mengendalikan kelebihan berat badan pada anak-anak dari usia 7-14 tahun. Orang tua memiliki tugas untuk menyemangati dan mendorong anak-anak mereka, agar mau berjalan minimal 2.000 langkah setiap hari. Perkembangan itu dicatat memakai alat pedometer.

Dari pengamatan ini ditemukan, anak-anak cenderung satu langkah lebih maju dari orang tuanya kala mereka berolahraga jalan kaki bersama. Saat ibu mereka mampu menempuh jarak 2.000 langkah, maka sang anak mampu mencapai 2.117 langkah lanjutan. Begitu pula ketika ibu tidak sampai 2.000 langkah, maka anak juga jarak tempuhnya lebih rendah dari itu.

Peneliti juga mencatat, setiap 1.000 langkah yang ditempuh ibu, anak akan menambah jumlah langkah rata-rata sebanyak 196 kali lebih banyak. Dan, pola ini sama saja ketika dilakukan antara ayah dan anak.

Kesimpulannya, agar anak-anak mau membiasakan hidup penuh gerak dengan olahraga, orang tua bisa menjadi pemicunya. Dengan mengajak anak-anak berolahraga bersama, bisa memotivasi mereka untuk terus berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda