Scroll to Top

Benarkah Air Kelapa Punya Segudang Manfaat?

By C Novita / Published on Monday, 06 Aug 2012

air kelapa

Air Kelapa diketahui memiliki kandungan mineral dan elektrolit, hingga dipercaya mampu menyembuhkan beberapa penyakit dan segudang manfaat lain. Namun faktanya, ternyata beberapa keyakinan mengenai air kelapa itu hanya mitos yang tak sepenuhnya benar.

Apa saja manfaat yang dipercaya dimiliki oleh air kelapa, namun tak sepenuhnya benar? Berikut beberapa diantaranya;

  • Bukan minuman ideal untuk olahraga.

Marjorie Nolan, RD, jubir Akademi Nutrisi dan Diet mengatakan “Walau air kelapa rendah kalori dan gula, namun ia bukan minuman yang terbaik untuk setelah berolahraga”. Cukup air mineral alias air putih saja sudah cukup untuk membuat tubuh sehat, ujarnya lagi.

  • Kaya hidrat arang.

Keyakinan bahwa air kelapa punya kandungan hidrat arang lebih banyak dari air biasa, itu juga tak sepenuhnya benar. Demikian kata Beth Thayer, RD, jubir Akademi Gizi dan Diet. Ada beberapa kandungan elektrolit, namun itu juga tak sebanyak yang dipikirkan orang. Kalori air kelapa dalam 1 gelas adalah 46 kalori, sedang air putih 0 kalori.

  • Mampu mencegah stroke dan sakit jantung

Karena memiliki kandungan kalium, maka air kelapa diklaim mampu mencegah sakit jantung dan stroke. Padahal menurut penelitian, kalium yang terdapat dalam air kelapa berbeda dari kalium yang ada di pisang dan kentang. Jadi manfaatnya pun tak sama seperti kalium dalam pisang yang memang baik untuk sakit jantung.

  • Mempercepat metabolisme.

Dikatakan bahwa jika tubuh mengalami dehidrasi, maka mengkonsumsi air kelapa dapat mempercepat metabolisme tubuh. Faktanya, tak hanya air kelapa yang mampu mempercepat metabolisme. Air putih biasa pun punya kemampuan yang sama dengan air kelapa. Bahkan meningkatkan metabolisme tubuh paling baik adalah dengan cara berolahraga, bukan mengkonsumsi makanan tertentu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda