Scroll to Top

WREX, Lengan Buatan Hasil Teknologi Printer 3D Untuk Penyandang Cacat

By Ditya / Published on Monday, 06 Aug 2012

WREX

Teknologi printer 3D ternyata membawa manfaat untuk penyandang cacat atau yang menderita penyakit langka. Sebuah hasil cetak printer 3D yang mengusung nama WREX yang berupa lengan buatan ini sangat membantu anak yang menyandang cacat atau menderita penyakit langka.

Seperti yang dilansir dari The Verge (05/08/2012), WREX (Wilmington Robotic Exoskeleton) ini adalah hasil rapid prototyping yang dicetak dengan teknologi printer 3D.

Wilmington Robotic Exoskeleton atau WREX ini dirancang dan didesain untuk membantu penyandang cacat dengan otot yang belum berkembang pada lengan mereka.

WREX menempel apada tubuh penderita dan menggunakan pita elastis dan pelat logam untuk memberikan kekuatan buatan agar dapat mebantu penggunanya bergerak atau menggerakkan lengannya.

Sebelum hadirnya prototipe WREX ini, telah ada kursi roda yang juga hasil dari teknologi printer 3D.

Teknologi printer 3D memungkinkan untuk membuat kursi roda dengan berat yang sangat ringan yang menggunakan backplate berbahan plastik yang memungkinkan pengguna dengan kaki sehat untuk berdiri dan berjalan-jalan.

Seorang anak bernama Emma, seorang anak yang menderita penyakit bawaan yang langka yang dikenal sebagai Anthrogryposis menggunakan Wilmington Robotic Exoskeleton atau WREX ini.

WREX juga memungkinkan untuk disesuaikan ukurannya seiring dengan pertumbuhan pengguna dengan setiap bagian individu dari WREX ini dapat di-resize atau diubah ukurannya sesuai kebutuhan dan di print ulang.

Sejauh ini sudah 15 anak yang menggunakan WREX termasuk Emma. WREX sendiri terus mengalami perbaikan dan kini telah melewati dua versi. Penasaran? Simak video berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda