Scroll to Top

Cara Memanfaatkan Media Sosial Untuk Mencari Pekerjaan

By Melissa / Published on Monday, 06 Aug 2012

Media Sosial Untuk Mencari Pekerjaan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa banyak perusahaan yang mencari calon pegawai melalui media sosial.

Dengan adanya peluang seperti ini, media sosial harus diperlakukan sebagai cerminan diri sendiri agar layak mendapatkan pekerjaan yang baik.

Selain itu, media sosial merupakan ‘lahan gembur’ bagi mereka yang memudahkan pencarian pekerjaan, terlebih lagi jika Anda dapat menggunakannya dengan benar.

Simak tips dari Mashable berikut ini agar Anda sukses mendapatkan pekerjaan dengan bantuan media sosial:

Temukan Orang Untuk Menggali Informasi Mengenai Perusahaan

Carilah orang-orang yang sedang bekerja atau pernah bekerja di perusahaan incaran Anda. Dari obrolan ini Anda akan mendapat banyak informasi detail tentang perusahaan tersebut.

Manfaatkan LinkedIn yang memang ditujukan untuk para profesional. Pastikan Anda memiliki minimal 150 connections untuk mencari pekerjaan dan perhatikan juga alumni sekolah atau universitas Anda untuk dijadikan tempat bertanya.

Twitter merupakan fasilitas yang bagus untuk mempelajari tentang perusahaan tertentu. Bahkan Anda bisa bertanya langsung ke perusahaan tersebut dan ada kemungkinan mereka memberikan jawaban.

Facebook juga memiliki beberapa aplikasi seperti BranchOut untuk mencari koneksi dalam 1 perusahaan di antara teman-teman Anda.

Cara Untuk Menarik Perhatian Para Perekrut

Meski Anda sudah berusaha menghubungi mereka terlebih dahulu, para perekrut tetap tidak memiliki kewajiban untuk memerhatikan usaha Anda.

Buatlah supaya mereka dapat memberikan respon dengan mudah agar waktu mereka tidak banyak terbuang.

Oleh karena itu, rencanakan dengan matang pesan yang akan Anda kirimkan, jangan langsung membeberkan isi CV Anda tetapi katakan dengan jelas dan singkat mengapa Anda tertarik bekerja dan carilah suatu kesamaan minat seperti hobi agar Anda bisa membahasnya bersama.

Pastikan Anda menulis pesan dengan spesifik mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan tersebut dan bukan di perusahaan sejenis lainnya.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda pernah memanfaatkan media sosial dalam mencari pekerjaan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda