Scroll to Top

Facebook Facial Recognition Diprotes Pemerintah Norwegia

By Ditya / Published on Monday, 06 Aug 2012

Facebook Norwegia Pemerintah Norwegia melalui para pejabat memprotes kehadiran teknologi Facebook Face Recognition atau teknologi pengenalan wajah milik Facebook karena dicurigai dapat menimbulkan ancaman bagi privasi rakyat Norwegia.

Raksasa jejaring sosial Facebook memiliki fitur Face Recognitionatau pengenalan wajah setelah mengakuisisi Face.com beberapa waktu lalu. Kini fitur Face Recognition besutan jejaring sosial Facebook menuai protes dari pemerintah Norwegia.

Seperti yang dilansir dari Venture Beat (04/08/2012). pejabat Norwegia terus menyelidiki dan memantau peningkatan fitur pengenalan wajah milik Facebook.

“Jika Facebook juga memantau pengguna Norwegia, mungkin melanggar hukum privasi Norwegia” kata direktur komunikasi Norwegian Data Protection Authority, Ove Skara.

Norwegian Data Protection Authority telah melakukan penyelidikan selama beberapa bulan tentang bagaimana Facbook mengumpulkan dan menganalisa pesan pribadi yang dikirim antar pengguna dan kini pihaknya hanta fokus pada fitur pengenalan wajah pada Facebook.

“Ini alat yang sangat ampuh yang Facebook miliki, dan itu belum jelas bagaimana semuanya benar-benar bekerja. Mereka memiliki gambar ratusan juta orang. Apa saja materi yang terdapat pada database Facebook adalah sesuatu yang perlu kita diskusikan dengan mereka,” kata komisaris perlindungan data Norwegia, Bjorn Erik Thon.

Facebook sendiri mulai serius menginvestasikan teknologi pengenalan wajah sejak tahun 2010. Facebook kemudian meluncurkan kembali Face Recognition atau pengenalan wajah dan tag foto pada tahun yang sama.

Jejaring sosial lain seperti Google+ memutuskan untuk menghadirkan Face Recognition atau pengenalan wajah dengan metode opt-in atau atas seizin pengguna.

Norwegia tampaknya benar-benar memperhatikan privasi data warganya di dunia maya, bagaimana dengan Indonesia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda