Share

Nuance Nina

Berawal dari suksesnya asisten cerdas besutan Nuance yang mengusung nama Siri yang kemudian membuat Apple tertarik mengakuisisinya. Kini muncul Nina, asisten cerdas serupa Apple Siri, namun dirancang untuk menjadi customer service dalam aplikasi.

Nina ini memang bersaudara dengan Siri karena sama-sama dikembangkan oleh Nuance. Nina dirancang khusus sebagai asisten cerdas dalam sebuah aplikasi seperti mobile banking atau asuransi.

Nuance sendiri telah menawarkan SDK (Software Development Kit) bagi perusahaan-perusahaan besar yang tertarik untuk membangun aplikasi yang menggunakan firur asisten cerdas Nina.

Asisten cerdas Nina ini menwarkan 3 buah fitur utama.

  1. Nina menawarkan biometric voice-unlock untuk memudahkan pengguna untuk login.
  2. Nina menawarkan classic voice recognition, yaitu sebuah fitur pengenalan suara tradisional.
  3. Nina juga menawarkan natural language atau bahasa alami semacam wizard atau panduan untuk membantu pengguna dalam melakukan suatu fungsi secara step by step.

Contoh penggunaan Nina dalam aplikasi perbankan secara umum dapat dilakukan dengan berbicara layaknya menggunakan Siri. Pengguna dapat memerintahkan Nina dengan mengatakan :

“Bayar sejumlah USD $100 dari akun bank saya ke tagihan kartu kredit saya Jumat depan.”

Nina ini sangat mirip dengan Siri, harus dapat mempertahankan konteks yang cukup untuk menangani pertanyaan bahasa alami dan melayani pelanggan melalui permintaan relatif rumit.

Akankan Nina akan jadi pesaing Siri? Nuance mengatakan baha Nina tidak akan bersaing dengan saudaranya yang lebih dulu hadir. Nuance juga menambahkan bahwa Nina dibuat dengan tujuan yang berbeda dengan Apple Siri.

Seperti yang dilansir dari The Verge (06/08/2012), Nuance mentagetkan Nina pada perusahaan-perusahaan agar dapat menjadi asisten pribadi sekaligus customer service dalam aplikasinya.

Berapa harga Nina ini? Nuance menambahkan bahwa harga tidak mengikat karena tiap perusahaan memiliki kebutuhan berbeda, sehingga harus ditangani perkasus secara B2B (Business to Business).

Anda penasaran dengan saudara Siri ini? Simak video berikut.