Scroll to Top

Fakta Sejarah F1: Denny Hulme, Juara Dunia Tanpa Pole Position

By Rheza Fadhlillah / Published on Monday, 06 Aug 2012

Denny Hulme 1967

Seorang juara dunia biasanya identik dengan penampilan dominan sepanjang musim baik dari jumlah kemenangan mau pun jumlah pole position mereka. Namun itu tidak terjadi pada Juara Dunia F1 tahun 1967, Denny Hulme.

Apabila seorang Jenson Button berhasil mengumpulkan 6 kemenangan dan 4 pole pada puncak karirnya bersama tim Brawn GP di tahun 2009, Hulme hanya punya 2 kemenangan tanpa satu kali pun catatan pole position pada puncak karirnya bersama tim Brabham di tahun 1967.

denny hulme
Denny Hulme

Dua kemenangannya tersebut ia dapatkan pada GP Monaco dan GP Jerman. Di GP Jerman, ia mengalahkan rekan satu timnya, Jack Brabham, yang merupakan juara dunia bertahan kala itu.

Pada posisi akhir klasemen, Hulme sukses mengungguli Brabham dengan selisih 5 angka (46 ke 51) dan berhak atas gelar juara dunianya yang pertama dan terakhir sepanjang karir.

Bahkan dari total 112 kali penampilannya di arena balap Formula Satu, Hulme hanya pernah satu kali meraih posisi pole yakni pada GP Afrika Selatan di Sirkuit Kyalami tahun 1973.

Niki Lauda
Niki Lauda

Hal serupa terjadi di tahun 1984 oleh Niki Lauda. Lauda sukses menjadi juara dunia mengalahkan rekan satu timnya, Alan Prost, dengan selisih tipis 0.5 angka (71.5 ke 72) pada klasemen akhir. Secara total Lauda mengumpulkan 5 kemenangan tanpa satu kali pun meraih pole di tahun itu.

Gelar yang ia raih secara dramatis tersebut menjadi gelar ketiga sekaligus yang terakhir bagi Lauda setelah pada tahun berikutnya ia memutuskan pensiun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda