Scroll to Top

Keutamaan Sedekah Di Bulan Ramadhan

By Agus Prasetyo / Published on Tuesday, 07 Aug 2012

 

Ramadhan 2012Di Bulan Puasa Ramadhan setiap umat Islam diperintahkan untuk memperbanyak sedekah. Ketahuilah bahwa kedermawanan adalah salah satu sifat yang dianjurkan Islam, sebagaimana hadits:

“Tangan yang di atas lebih baik dari tangan yang di bawah. Tangan di atas adalah orang yang memberi dan tangan yang dibawah adalah orang yang meminta.” (HR. Bukhari).

Allah SWT benar-benar memuliakan orang-orang yang bersedekah. Diantara keutamaan bersedekah, antara lain:

  1. Sedekah dapat menghapus dosa. Rasulullah SAW bersabda: “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi).
  2. Orang yang bersedekah akan mendapatkan naungan di hari akhir. Rasulullah SAW bersabda:“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari).
  3. Sedekah memberi keberkahan pada harta. Rasulullah SAW bersabda:“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim).
  4. Allah melipatgandakan pahala orang yang bersedekah. Allah SWT berfirman:“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18).
  5. Terdapat pintu surga yang hanya dapat dimasuki oleh orang yang bersedekah. Rasulullah SAW bersabda: “Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan”. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR. Bukhari).
  6. Sedekah akan menjadi bukti keimanan seseorang. Rasulullah SAW bersabda: “Sedekah adalah bukti.” (HR. Muslim).
  7. Sedekah dapat membebaskan dari siksa kubur. Rasulullah SAW bersabda:“Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani).
  8. Sedekah dapat mencegah pedagang melakukan maksiat dalam jual-beli. Rasulullah SAW bersabda:“Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah.” (HR. Tirmidzi).
  9. Orang yang bersedekah merasakan dada yang lapang dan hati yang bahagia. Rasulullah SAW bersabda:“Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.” (HR. Bukhari).

Dengan hal di atas, semoga semakin menambah pengetahuan kita tentang sedekah demi kesempurnaan ibadah Puasa Ramadhan yang Kita jalani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda