Scroll to Top

Barcelona Dipenuhi Jebolan Akademi La Masia, Real Madrid Hobi Menjual Pemain Junior

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 07 Aug 2012

Barcelona

Barcelona dikenal dengan keberanian mereka memakai jebolan akademi La Masia dari tahun ke tahun. Musim 2012-2013 ini, mereka memakai 17 pemain dari akademi sendiri. Sebaliknya, Real Madrid hobi menjual pemain junior mereka. Dalam sepuluh tahun terakhir, Los Blancos mendapatkan hampir 100 juta Euro dari transfer para punggawa Castilla.

Musim ini Barcelona memasuki babak baru. Ada 17 jebolan akademi La Masia dalam tim inti mereka; yang berarti mencapai 68% dari total skuad El Barca. Kebijakan transfer beberapa tahun terakhir, yang mengangkut kembali anak-anak Catalan yang sudah mekar di klub lain, membantu persentase ini. Gerard Pique, Cesc Fabregas, Jordi Alba, Cristian Tello, dan Isaac Cuenca adalah mereka yang sempat berganti klub, lalu menjadi tulang punggung klub.

Musim ini cuma ada 8 anak asuh Tito Vilanova yang berasal dari luar akademi: Jose Manuel Pinto, Javier Mascherano, Dani Alves, Adriano, Eric Abidal, David Villa, Alexis Sanchez, dan Ibrahim Afellay. Artinya, bukan tidak mungkin Barcelona menyiapkan starting XI yang 100% berasal dari akademi La Masia. Sebuah langkah yang mampu menggoda para penggemar semakin jatuh cinta pada klub Catalan, plus cara cerdas untuk menghemat keuangan.

Skuad Barcelona
Skuad Barcelona (Lingkar Merah Jebolan La Masia)

Lain Barcelona, lain pula Real Madrid. Produk akademi mereka tak pernah berhak dipandang sebelah mata. Lihatlah dalam satu dekade terakhir. Ada Alvaro Negredo (dijual 15 juta Euro), Roberto Soldado, Rodrigo (sama-sama dilego dengan 6 juta Euro), hingga Juan Mata (free transfer).

Terakhir, musim ini ada Dani Carvajal dan Joselu yang sama-sama pindah ke Bundesliga. Carvajal pergi ke Leverkusen sedang Joselu merancang masa depan di Hoffenheim. Beratnya menembus tim inti yang bertabur bintang, membuat para pemain muda melanjutkan karier di luar klub; meski banyak pula yang nantinya kembali ke Santiago Bernabeu setelah sukses di klub lain.

Jika melihat skuad inti Real Madrid musim ini, ada enam pemain jebolan akademi mereka. Selain Iker Casillas, Alvaro Morata, dan Antonio Adan yang benar-benar “murni” datang dari Castilla, ada tiga pemain yang harus pindah ke klub lain sebelum direkrut kembali. Mereka adalah Alvaro Arbeloa, Esteban Granero, dan Jose Callejon.

Cristiano Ronaldo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda