Scroll to Top

Hevina, Bus Listrik Yang Dikembangkan Oleh Kemenristek dan LIPI

By Ditya / Published on Tuesday, 07 Aug 2012

bus listrik

Solusi tenaga listrik kian populer untuk menggantikan bahan bakar fosil atau minyak bumi yang semakin menipis. Kemetrian Riset dan Teknlogi (Kemenristek) bekerjasama dengan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) untuk mengembangkan bus listrik bernama Hevina.

Kemenristek bekerjasama dengan LIPI mencoba menghadirkan sarana transportasi masal bus listrik sebagai alternatif dari kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak.

Bus listrik ini merupakan hasil dari kerjasama Kemenristek dan LIPI yang telah melakukan riset sejak tahun 1997 hingga sekarang dan akhirnya berkhasil menciptakan bus listrik asli buatan Indonesia.

“Pembuatan bus listrik ini dilakukan selama enam bulan dan menelan biaya Rp1,5 miliar,” ungkap Abdul Hapid dari Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik LIPI di Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-17 di Jakarta.

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta mengungkapkan bahwa ongkos produksi sebuah bus listrik masih sangat mahal, sesuai hukum ekonomi, ongkos produksi akan makinmurah setelah diproduksi masal.

Menristek Gusti Muhammad Hatta juga menambahkan bahwa pihaknya mengharapkan bus listrik tersebut siap diproduksi masal pada tahun 2014 nanti.

Bus listrik besutan Kemenristek dan LIPI ini diberi nama Hevina yang menggunakan baterai jenis lithium yang diklaim memiliki masa pakai hingga 10 tahun.

Bus Hevina ini memerlukan waktu 6 hingga 7 jam untuk mengisi baterai hingga penuh. Hevina juga mampu membawa 15 penumpang dan memiliki kecepatan hingga 100km/jam.

Seperti yang dilansir dari Inilah (06/08/2012), bus Hevina ini mampu melaju sejauh 150 kilometer dengan sekali pengisian sebesar 500 ampere.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda