Scroll to Top

Library Project, Senjata Google Saingi Amazon?

By Ditya / Published on Tuesday, 07 Aug 2012

Google Books

Raksasa mesin pencari Google memang telah memiliki Google Books sebagai layanan perustakaan online, namun akhir-akhir ini kian santer terdengan bahwa Google menyiapkan Library Project untuk bersaing dengan raksasa toko buku, Amazon.

Google Books mungkin adalah sebuaah proyek nirlaba yang memudahkan orang untuk menemukan buku-buku layaknya sebuah perpustakaan online, namun siapa sangka bahwa Google Books ini hanyalah salah satu jalan untuk Google untuk menyiapkan ladang bisnis baru.

Sebuah sumber dari Authors Guild mengatakan bahwa saat ini Google sedang membuat proyek komersial  i yang menggunakan kode nama “Library Project” untuk bersaing dengan raksasa toko online, Amazon.

“Kami ingin pencari web yang tertarik dengan konten buku datang ke Google, bukan Amazon,” menurut presentasi Google tahun 2003 lalu.

Seperti yang dilansir dari Venture Beat (06/08/2012), Authors Guild sendiri telah terlibat pertarungan sengit dengan Google dipengadilan sejak tahun 2005. Authors Guild menuduh Google melalui Library Project-nya merupakan langkah awal Google untuk terjun ke usaha komersial seperti toko buku online.

Google sendiri menyangkal bahwa Library Project yang kini menjadi Google Books adalah upaya menuju usaha komersial, karena tujuan proyek ini adalah membantu kalangan akademik atau dunia pendidikan untuk menemukan referensi atau buku.

“Kami percaya Google Books merupakan penggunaan yang adil dengan memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi buku-buku menarik dan menemukan cara untuk meminjam atau membeli buku-buku, seperti katalog kartu untuk era digital,” kata juru bicara Google.

Menurut Authors Guild, Google telah menginvestasikan lebih dari USD $ 180 juta untuk proyek Google Books sejauh ini. Raksasa internet ini telah melakukan scan pada 20 juta judul buku dan hampir setengah dari buku tersebut masih memiliki hak cipta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda