Scroll to Top

Tips Twitter: 10 Hal yang Harus Diperhatikan Bagi Pengguna Baru

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 07 Aug 2012

Twitter tips

Pengguna baru di twitterland? Jangan risau. Dengan tips Twitter berikut, Anda bisa dengan mudah memahami budaya ekosistem yang berlaku di linimasa.

Jika Anda telah ramah Facebook dan kemudian mencoba Twitter atau bermigrasi ke microblogging ini, mungkin akan mengalami kebingungan.

Menemui istilah-istilah baru, simbol-simbol yang asing, pola percakapan yang aneh, dan lain sebagainya. Namun itu justru uniknya Twitter.

Nah bilamana Anda masih belum bisa beradaptasi dengan dunia 140 karakter ini, simak tips singkat Twitter berikut bagi pengguna baru.

1. Twitter bukanlah Facebook

Di Twitter Anda akan menemukan hal yang tidak Anda temukan di Facebook. Misalkan saja soal updates status.

Tweet yang dituliskan nantinya bisa dibaca dan ditelusuri oleh pengguna Twitter lainnya. Dengan demikian Anda harus bijak tatkala menulis.

Merasa tak nyaman dengan privasi? Sila ‘gembok; akun Twitter Anda. Namun dengan ‘menyembunyikan diri’ ini maka komunikasi tak akan maksimal.

2. Twitter banyak dihuni istilah ‘aneh’

Jangan kaget jika menemukan istilah aneh di Twitter. Anda tak perlu bingung. Istilah tersebut ada sebab memiliki fungsi.

Cara yang paling mudah untuk dapat terbiasa dengan istilah-istilah ini adalah dengan menggunakannya. Jangan hanya dilihat dan dibaca, namun ikutlah menggunakan.

3. Panjang maksimal nama pengguna adalah 15 karakter

Ingat, Twitter bukan Facebook. Dan nama pengguna yang dipilih juga terbatas, hanya sekitar 15 karakter. Gunakan dengan bijak.

Umumnya pengguna Twitter menuliskan nama mereka sendiri di nama pengguna. Begitu juga dengan brand atau perusahaan.

Gemar nama alay di Facebook dan ingin menerapkannya di Twitter? Sangat untuk tidak dianjurkan menggunakan nama alay.

Sebab pengguna Twitter sangat membenci hal-hal yang berhubungan dengan nama yang membingungkan tersebut.

4. Tak salah mengintai

Tahukah Anda aktivitas stalking yang paling masif di internet salah satunya melalui internet. Nah Anda yang hobi mengintai bisa dimaksimalkan melalui Twitter.

5. Panjang karakter hanya 140

Hemat, cermat, dan tepat, mungkin ini adalah pedoman yang harus Anda pegang tatkala menulis tweet di Twitter.

Betapa tidak, Anda hanya dibatasi 140 karakter saja. Karakter ini malah lebih singkat daripada jumlah karakter SMS.

Maka tulislah seperlunya saja dan langsung tepat sasaran. Hindari menggunakan tool ‘penyambung’ tweet seperti TweetLonger.

6. Pendekkan tautan

Ingin berbagi tautan? Pendekkan terlebih dahulu. Sebab tautan sangat makan space karakter di tweet yang akan Anda bagikan.

Kini Twitter telah memiliki pemendek tautan sendiri (t.co). Dulunya pengguna Twitter memanfaatkan tool pemendek tautan pihak ketiga (bit.ly).

7. Kirim pesan pengguna yang mengikuti Anda

Ingat, Anda hanya bisa mengirim pesan (Direct Message) hanya pada pengguna yang mengikuti Anda. Dan ini berlaku sebaliknya.

8. Tak wajib mengikuti kembali

Anda tak wajib mengkikuti kembali pengguna yang mengikuti Anda. Istilah ini disebut dengan follow back. Jika pengguna tersebut memaksa, sila ikuti.

9. Reply hanya bisa dibaca pengikut

Jika Anda membalas atau reply, balasan reply tersebut hanya bisa dibaca oleh pengikut Anda dan pengikut yang me-reply Anda.

Dan nantinya tweet ini tidak akan mengalir di linimasa bagi mereka yang tidak mengikuti Anda berdua yang terlibat percakapan ini.

10. Mention berbeda dengan reply

Ingat dua hal ini berbea. Jika Anda me-mention pengguna (diawali dengan tanda ‘@’ + username) maka tweet tersebut bakal bisa dibaca siapa saja.

Ingat, mention bisa dibaca siapa saja dan reply hanya bisa dibaca oleh dua pengguna yang berinteraksi dan follower-nya.

Beberapa pengguna masih kurang paham dengan ‘aturan’ ini meski telah menggunakan Twitter selama bertahun-tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda