Scroll to Top

Frekuensi Cyberbullying Masih Lebih Rendah Dari Bullying Fisik

By Melissa / Published on Tuesday, 07 Aug 2012

Cyberbullying Masih Lebih Jarang Dibandingkan Bullying Fisik

Meski pemberitaan cyberbullying semakin marak akhir-akhir ini, ternyata frekuensi kejadiannya masih lebih rendah dari bullying secara fisik.

Studi yang diadakan oleh Dan Olweus, peneliti dari University of Bergen di Norwegia, membuktikan hal ini.

Ia mengambil sampel 450.000 murid kelas 3 sampai kelas 12 di Amerika Serikat dan 9.000 murid di Norwegia. 18% murid Amerika Serikat mengaku di-bully secara fisik, sementara hanya 5% yang mengalami cyberbullying

80% dari mereka yang di-bully mengatakan bahwa cyberbullying merupakan bagian dari tradisi bullying di sekolah. 3% dari antara murid juga mengaku mereka adalah pelaku dari aksi cyberbullying terhadap murid lainnya.

Berdasarkan hasil studi ini, Olweus mengatakan bahwa media elektronik telah menciptakan pelaku dan korban bullying baru.

Ia juga menambahkan bahwa cyberbullying sebenarnya merupakan bagian dari tradisi bullying dan penggunaan media elektronik telah menyumbang sarana baru untuk aksi negatif ini.

Dengah hebohnya tren cyberbullying, masyarakat khususnya orangtua dan pihak sekolah diharapkan untuk tidak menomorduakan pencegahan terhadap aksi bullying fisik yang dapat mengancam kejiwaan para murid.

(via TechCrunch)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda