Scroll to Top

PSSI: Ini Keuntungan Datangnya Tim Asing Ke Indonesia

By Agus Prasetyo / Published on Wednesday, 08 Aug 2012

PSSI Silver

PSSI dalam situs resminya mengungkapkan tentang keuntungan dari datangnya tim asing ke Indonesia. Kedatangan tim-tim elit asing khususnya dari Eropa dan Amerika, memberikan keuntungan ganda bagi persepakbolaan Indonesia.

Keuntungan pertama berkaitan dengan prestasi teknis dan kedua soal pengalaman sebagai penyelenggara.

“Dengan dua keuntungan itu, kita perlu memberikan apresiasi yang tinggi bagi upaya mendatangkan tim-tim asing untuk melakukan ujicoba dengan timnas Indonesia” jelas Deputi Sekjen PSSI Bidang Organisasi, Hadiyandra seperti yang dilansir situs resmi PSSI.

Sebagai orang yang berpengalaman menjadi Ketua Panitia Penyelenggara berbagai event sepakbola di Indonesia, Hadiyandra menilai bahwa sepakbola nasional sangat diuntungkan dengan datangnya tim-tim besar dunia.

“Dari segi prestasi teknis, kita mendapat banyak pelajaran berharga. Terutama bagi pemain timnas kita, karena mendapat pengalaman langsung bermain dengan pemain-pemain kelas dunia” lanjut Hadiyandra.

Inter Milan Indonesia Tour

Selain itu menurut Hadiyandra, dari sisi penyelenggaraan PSSI juga mendapat tambahan pengalaman menangani event-event yang melibatkan tim-tim kelas dunia.

“Pengalaman kita sebagai penyelenggara meningkat. Ini penting untuk menambah kualifikasi teknis personal. Karena event-event internasional lainnya akan terus berdatangan” jelasnya.

Sukses sebagai penyelenggara antara lain dilihat dari mutu pelaksanaan kegiatan, tidak banyak masalah berarti sebelum dan sesudah pertandingan.

Valencia ke Indonesia

Semua berjalan sesuai rencana. Terpenting adalah pertandingan itu sendiri berjalan aman dan lancar hingga selesai.

“Penyelenggaraan pertandingan level internasional memiliki sentuhan tersendiri. Ada regulasi internasional yang harus kita pahami. Ada regulasi federasi (PSSI) yang harus kita jalankan. Semua harus berjalan selaras dengan pendekatan komersil yang dimungkinkan dalam sepakbola” papar Hadiyandra.

Untuk menunjang tercapainya mutu penyelenggaraan yang maksimal, semua pihak harus sepakat meningkatkan tatanan yang harmonis terutama dalam pola kerjasama konstruktif.

“Sebagai organisasi sepakbola nasional, tentu ada kewenangan hukum administratif yang melekat di PSSI dan tidak bisa dialihkan kepada pihak lain. Semuanya bertujuan untuk lebih meningkatkan kualitas penyelenggaraan agar tercapai sukses prestasi dan sukses komersil” pungkasnya.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda