Scroll to Top

Microsoft Office 2013 RT: Versi Office Yang Dipangkas Fiturnya?

By Ditya / Published on Wednesday, 08 Aug 2012

Microsoft Office 2013

Windows RT adalah edisi Windows 8 yang ditujukan untuk perangkat berbasis ARM, kabarnya Windows RT akan hadir built-in dengan Office 2013 RT yang konon merupakan versi Office yang dipangkas fitur dan fungsinya, benarkah?

Sebuah sumber yang mengaku dekat dengan Microsoft, mengatakan bahwa raksasa perangkat lunak asal Redmond tersebut akan menghapus beberapa fitur pada Office 2013 edisi RT.

Microsoft dikabarkan akan merencanakan versi Preview untuk Office 2013 yang akan dibundle bersama dengan tablet Windows RT akhir tahun ini. Office 2013 versi Preview sendiri dapat diupgrade ke versi final pada awal tahun 2013 mendatang.

Raksasa software pembuat Windows ini dikabarkan juga memangkas berbagai fungsi dan fitur dari Office 2013 RT dibandingkan dengan Office 2013 x86.

Microsoft beralasan bahwa hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja Office 2013 RT agar tidak mempengaruhi konsumsi daya pada perangkat tablet Windows RT nantinya.

Alasan Microsoft yang menggunakan dalih optimalisasi kinerja dan konsumsi baterai ini seperti kurang masuk akal, namun perlu diketahui, Office 2013 RT hadir secara built-in di Windows RT, berbeda dengan Windows 8 dimana Office 2013 berdiri sendiri dan pengguna harus membeli lisensinya terlebih dahulu.

Beberapa pihak mengatakan sebenarnya pemangkasan fitur-fitur pada Office 2013 RT ini sama sekali tidak berpengaruh pada konsumsi baterai.

Apa saja fitur yang dihilangkan? Microsoft akan menghilangkan dukungan fitur Macro, addons dari pihak ketiga dan dukungan VBA (Visual Basic for Application). Ketiga fitur ini tidak akan tersedia di Office 2013 RT.

Seperti yang dilansir dari LegitReview dan The Verge kemarin (07/08/2012), Office 2013 RT ini dijuluki beberapa pihak sebagai Office 2013-Reduced Technology, karena banyak fitur yang dipangkas. Bagaimana menurut Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda