Scroll to Top

Microsoft Cegah Pengguna Windows 8 Booting Langsung Ke Desktop

By Ditya / Published on Wednesday, 08 Aug 2012

Windows 8 Release Preview

Pengguna sistem operasi Windows 8 RTM (Release To Manufacturer) yang bocor beberapa waktu lalu melaporkan bahwa Microsoft memblokir pengguna untuk melewati Start screen untuk mencegah pengguna booting langsung ke mode desktop.

Seperti yang kita tahu, Windows 8 hadir dengan 2 modus tampilan, yaitu modus Windows 8-Style UI (dahulu disebut Metro Style) dan modus desktop.

Modus Windows 8-Style UI atau Metro ini adalah modus yang dioptimalisasikan untuk media layar sentuh, sedangkan modus desktop adalah modus dengan tampilan sama dengan Windows desktop biasa.

Pada saat Windows 8 mencapai tahap Release Preview, Mirosoft mengizinkan pengguna langsung masuk ke modus desktop dengan membuat shortcut atau jalan pintas yang langsung aktif ketika pengguna login.

Rafael Rivera, salah satu penulis situs Windows 8 Secrets melaporkan bahwa Microsoft memblokir booting langsung ke modus desktop, sehingga mau tidak mau pengguna harus bertemu dengan tampilan Windows 8-Style UI atau Metro.

Rafael berpendapat bahwa Microsoft melakukan hali ini untuk membiasakan pengguna untuk menggunakan Windows 8-Style UI atau Metro Style dan perlahan-lahan meninggalkan modus desktop yang biasa digunakan sekarang.

Tampilan kotak Metro Style atau Windows 8-Style UI sendiri sebenarnya tidak begitu banyak disukai oleh pengguna Windows. Pengguna Windows masih merasa nyaman dengan tampilan desktop tradisonal seperti pada Windows 7.

Saat ini Microsoft sedang bekerja keras untuk membuat antar muka Metro atau Windows 8-Style UI lebih mudah digunakan untuk bernavigasi tanpa harus menggunakan media layar sentuh.

Seperti yang dilansir dari Tomshardware (07/08/2012), kalangan perusahaan mungkin tidak akan terburu-buru menghabiskan uang untuk upgrade dan training karyawannya agar dapat menggunakan Windows 8-Style UI, mereka saat ini cukup puas dengan Windows 7.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda