Scroll to Top

WiFi Minus Password, Modus Baru Kejahatan Cyber

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 08 Aug 2012

Publik hotspot

WiFi tanpa password. Mendengarnya, pemberu koneksi gratisan pasti sangat menyukainya. Namun tahukah Anda jika akses gretongan tersebut terindikasi modus baru dalam cybercrime?

Technical Consultant Symantec Indonesia, Fransiskus Andi Indromojo mengatakan jika akses internet tanpa kata sandi tersebut patut diwaspadai oleh pengguna internet.

Bukan tak mungkin jika WiFi ini adalah sebuah bola pancingan yang dilempar pelaku kejahatan (cyber) dengan target pengguna mobile.

“WiFi berisiko, bisa mendukung terjadinya pencurian data. Kalau ada WiFi yang tidak pakai password, jangan memasukan identitas kredensial,” bebernya.

Dikutip dari OkeZone, Rabu (08/08/12), identitas kredensial yang dimaksud adalah ‘kunci’ akun di internet. Misalkan saja username dan password.

Menurutnya, jika pengguna memasukkan identitas tersebut di lokasi WiFi tanpa password, sangat dimungkinkan data pribadi tersebut bisa dicuri oleh pelaku.

Lantas bagaimana cara pelaku mencuri identitas korban? Nantinya pelaku akan merancang tampilan sebuah situs yang menyerupai situs aslinya.

Dan ketika korban memasukkan identitas kredensial tersebut maka data-data yang diinput akan masuk ke server pelaku.

Dengan demikian, setelah data dan informasi korban dapat dipegang pelaku maka ia bisa melakukan apa saja yang ujungnya pasti merugikan si korban.

Lantas bagaimana berinternet yang aman dan nyaman di publik hotspot? Carilah lokasi WiFi yang memiliki password.

Di cafe atau hotel dan ‘lokasi terpercaya’, umumnya menggunakan username dan password di setiap WiFi yang mereka sediakan bagi pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda