Scroll to Top

London 2012 Slalom Canoe: Seberapa Cepat Anda Mendayung Kano?

By Cherlya / Published on Thursday, 09 Aug 2012

Olimpiade London 2012 Slalom Canoe atau cabang kano slalom menjadi tema logo Google hari Ini. Mendayung kanu slalom membutuhkan kecepatan, kontrol dan ketepatan melawan arus air. Mirip dengan arung jeram.

Kano slalom adalah olahraga pemacu adrenalin yang bertujuan untuk mengendalikan perahu kano atau kayak melalui sekumpulan gawang di atas arus sungai dalam waktu secepat mungkin.

Ini merupakan salah satu kelas dari dua jenis lomba kano di Olimpiade. Kelas kano lain adalah sprint. Ada juga Wildwater kano, namun tidak dipertandingkan pada Olimpiade.

Balap kano slalom dimulai di Eropa pada tahun 1940-an, Canoe International Federation (ICF) dibentuk untuk mengatur dan mengawasi olahraga kano ini.

Kejuaraan dunia pertama diadakan pada tahun 1949 di Swiss. Olimpiade Canoe Slalom dibatasi waktunya. Peserta harus menyusuri jalur sungai khusus yang telah disediakan. Maksimal ada 25 gerbang yang harus dilewati. Gerbang merah menandakan daerah hulu, sementara gerbang hijau pertanda hilir.

Menyentuh gerbang menyebabkan penambahan hukuman waktu dua detik. Sedangkan tidak melalui salah satu gerbang akan diberikan penalti penambahan waktu 50 detik.

Waktu yang dibutuhkan untuk mencpai garis finis (dalam hitungan detik) akan ditambahkan dengan penalti yang dikumpulkan dalam menilai skor akhir.

Berapa skor mendayung anda? Simak cuplikan video balap kano berikut ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda