Scroll to Top

Video YouTube: Gunakan Printer 3D Raksasa Untuk Konstruksi Rumah Dalam 20 Jam

By Ditya / Published on Thursday, 09 Aug 2012

Contour crafting

Setelah beberapa waktu lalu, teknologi printer 3D mampu mencetak alat bantu untuk penyandang cacat lengan, kini seorang professor berani membayangkan sebuah printer 3D raksasa mampu konstruksi rumah dalam 20 jam, wow!

Seperti yang dilansir dari Tomshardware (08/08/2012), teknologi printer 3D sangat mengesankan, printer masa depan ini mampu mencetak berbagai macam obyek dengan cepat dan efisien.

Seorang professor dari University of Southern California telah berani bermimpi cukup tinggi, membuat rumah menggunakan printer 3D raksasa dalam 20 jam.

Impian professor asal University of Southern California sebenarnya bukanlah mimpi disiang bolong, namun cukup masuk akal. Saat ini teknologi printer 3D mampu mencetak obyek apapun dengan cepat dan efisien, bukan tidak mungkin printer 3D berukuran raksasa mampu mencetak rumah.

Menurut Professor Behrokh Khoshnevis, dengan pengembangan teknologi printer 3D yang telah ada saat ini, memungkinkan secara efektif untuk mencetak rumah dalam waktu kurang dari sehari atau sekitar 20 jam saja.

Proses ini disebut dengan Contour Crafting, sebuah proses yang melibatkan teknologi printer 3D raksasa yang ditempatkan dalam sebuah lahan kosong tempat rumah tersebut akan ‘dicetak’ atau dibangun.

Mesin akan membangun dinding rumah dengan beberapa lapisan beton, menambahkan pipa dan kabel listrik saat pembuatn dinding berjalan dan akhirnya peroses tersebut menghasilkan sebuah rumah yang lengkap tinggal menambahkan jendela atau pintu saja.

Mengenai masalah pengecatan, dapat mempekerjakan sistem robot pengecat dinding atau memasang ubin di lantai. Contour Crafting ini diharapakan dapat memberikan kemudahan untuk membangun rumah dengan biaya rendah.

Rumah hasil cetak tersebut dapat dimodifikasi sesuai selera menjadi rumah mewah atau bangunan yang lebih besar. Penasaran dengan pemikiran professor jenius ini? Simak video berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda