Scroll to Top

Diabetes Dapat Dicegah dengan Berlatih Beban

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 09 Aug 2012

latihan-beban

Peneliti dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Harvard di AS dan Universitas Denmark Selatan menemukan, olahraga dengan memakai beban bisa menjadi cara untuk mencegah terjadinya diabetes tipe 2. Efek tersebut terlihat pada pria yang menjadi relawan dalam penelitian ini.

Dalam studi yang dipublikasikan pada jurnal Archives of Internal Medicine ini disebutkan, risiko diabetes akan menurun jika pria melakukan latihan beban selama 30 menit per hari selama lima kali dalam seminggu. Jika latihan beban tidak dilakukan rutin, maka risiko terkena diabetes menurun sampai 12 persen.

“Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa latihan beban, hingga titik tertentu dapat menjadi alternatif,” kata Anders Grontved, penulis studi, seperti dikutip BBC.

Sementara itu, latihan beban ini membantu mereka yang kurang dapat bergerak bebas, seperti kondisi badan terlalu gemuk. Latihan beban tidak membutuhkan banyak gerakan dan bisa dilakukan dengan lingkup tempat yang terbatas. Namun, kalau mau menggabungkan latihan beban dengan aerobik, itu lebih baik lagi.

Pasalnya, jika kedua olahraga tersebut digabungkan, risiko penurunan diabetes bisa mencapai 59 persen. Dan, hasil ini menjadi maksimal jika seseorang mau melakukan kombinasi kedua nya secara rutin beberapa kali dalam seminggu.

Studi ini melibatkan 32 ribu relawan pria. Kesehatan mereka diamati selama 18 tahun. Sekitar 2.300 pria dinyatakan terkena diabetes pada akhir studi. Namun, penelitian ini belum menyentuh manfaat latihan beban untuk mengurangi risiko diabetes pada wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda