Scroll to Top

Haswell, Prosesor Generasi Penerus Intel Ivy Bridge

By Ditya / Published on Thursday, 09 Aug 2012

Intel Haswell

Belum semua line up prosesor generasi Intel Ivy Bridge meluncur ke pasar, kini santer beredar berita mengenai Intel Haswell, prosesor generasi tebaru penerus Ivy Bridge.

Seperti yang kita tahu, Intel menggunakan strategi Tick-Tock dalam bisnis prosesor, strategi inilah yang membuat AMD, pesaing Intel keteteran. Seperti apa strategi Tick-Tock Intel?

Strategi Tick-Tock adalah strategi bisnis prosesor Intel yang terdiri dari 2 kunci utama yaitu Tick dan Tock. Tick adalah strategi meluncurkan generasi baru prosesor dengan proses produksi yang lebih kecil sebagai contoh dari proses produksi 45nm ke 32nm.

Sedangkan Tock adalah startegi meluncurkan prosesor dengan desain arsitektur yang benar-benar baru, sebagai contoh munculnya Intel Core i3/i5/i7 yang menggantikan jajaran prosesor Core2 Duo dan Core2 Quad.

Generasi Haswell, bisa disebut sebagai “tock” karena Intel menggunakan desain yang benar-benar baru dan berbeda dari Sandy Bridge maupun Ivy Bridge.

Melalui generasi Haswell intel menjanjikan kinerja prosesor yang lebih cepat, grafis yang lebih bertenaga dan dengan konsumsi daya yang lebih kecil dibanding prosesor Intel yang ada saat ini.

Produsen prosesor nomor 1 ini kabarnya terinspirasi dengan desain ARM yang menganut model SoC (System on Chip) yang mengintegrasikan fungsi-fungsi tambahan ke chip Haswell untuk memangkas konsumsi daya.

Chip Haswell akan membawa berbagai teknologi canggih Intel seperti Advanced Vector Extensions (AVX) 2 dan Intel Transctional Synchronization Extensions (TSX) untuk meningkatkan performa prosesor masa depan.

Ultrabook generasi mendatang pun akan mendapat sentuhan teknologi Intel low power media untuk mengefisienkan konsumsi daya sehingga Ultrabook bisa hidup lebih lama.

Intel akan menghadirkan prosesor Haswell dual-core dengan ditemani chipset Lynx Point serta grafis generasi terbaru intel, GT3. Intel mengklaim konsumsi daya prosesor Haswell tidak lebih dari 15 watt saja.

Seperti yang dilansir dari CNET (08/08/2012), Haswell diperkirakan akan hadir pada pertengahan tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda