Scroll to Top

LIano Mahardika, Oknum PT LPIS Terkait Kasus Titus Bonai, Hanya Diskorsing 3 Bulan!

By Aditya / Published on Thursday, 09 Aug 2012

LIano Mahardika IPL

PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) hanya menjatuhkan hukuman skorsing selama 3 bulan kepada LIano Mahardika terkait kasus transfer Titus Bonai alias Tibo ke klub Thailand, BEC Tero Sasana.

LIano Mahardika adalah salah seorang petinggi PT LPIS selaku Konsorsium IPL sekaligus mantan CEO Persebaya Surabaya. LIano Mahardika disebut-sebut sebagai biang kerok yang bermain di belakang kasus penyalahgunaan transfer Titus Bonai.

Bertindak sebagai agen, LIano Mahardika terbukti telah mengubah administrasi dalam Transfer Matching System (TMS), dengan menyebutkan bahwa Titus Bonai adalah pemain Persebaya untuk memuluskan transfer penyerang muda berbakat itu ke BEC Tero Sasana.

Belakangan, kejanggalan transfer itu terkuak setelah PSSI memanggil Tibo ke Indonesia untuk mengurus International Transfer Certificate (ITC) dengan benar, yakni dengan meminta surat keluar dari Persipura, klub lama Tibo yang sesungguhnya. Padahal, Tibo sudah berada di Thailand dan diperkenalkan sebagai pemain baru BEC Tero Sasana.

“PT LPIS memberikan hukuman kepada LIano Mahardika karena dia telah melakukan perbuatan tidak patut. Maka, diputuskan dia akan diskorsing selama tiga bulan,” kata Widjajanto, CEO PT LPIS, seperti dikutip dari TribunNews, Kamis (9/8/2012).

Pemberian skorsing yang hanya 3 bulan, menurut Widjajanto, diputuskan karena LIano Mahardika dinilai kooperatif selama pemeriksaan dan mengakui perbuatannya. Sebelumnya, Widjajanto sempat membantah bahwa ada anggotanya yang terlibat dalam kasus Tibo.

Setelah terbukti terlibat, LIano Mahardika pun dinyatakan bersalah karena menurut aturan, pengurus PT LPIS dilarang menjadi agen, baik pemain atau pelatih, apalagi sampai menyalahgunakan atau bahkan memalsukan data. Akibat kasus ini, transfer Tibo ke BEC Tero Sasana pun batal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda