Scroll to Top

Twitter Ungguli FB dalam Aktivitas Social Sharing di Internet

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 09 Aug 2012

Social Sharing

Facebook, Google+, dan LinkedIn boleh lebih unggul dalam jumlah pengguna dibandingkan Twitter. Namun untuk urusan social sharing, microblogging ini rajanya.

Firma studi media sosial Umpf,  melakukan penelitian terhadap 100 random media online dari pelbagai kategori topik teratas di internet.

Media online ini berasal adalah media top di internet. Sebut saja The Independent, Telegraph, Forbes, CBS News, Evening Standard, Mashable, dan TechCrunch.

Dan aktivitas berbagi sosial atau social sharing ini dipilih empat media sosial utama: Facebook, Twitter, Google+, dan LinkedIn.

Hasilnya pun di luar dugaan. Meski Twitter kalah jumlah pengguna dengan media sosial yang lain, namun untuk urusan berbagi sosial, microblogging ini paling masif.

Dari per 100 juta online user, 197,3 pengguna memilih berbagi melalui Twitter. Facebook hanya digunakan oleh 41,8 pengguna saja.

LinkedIn di peringkat ketiga dengan 15,2 pengguna yang memilih berbagi menggunakan jejaring sosial pekerja ini. Dan Google+ di urutan terakhir dengan 6 pengguna saja.

Dari data tersebut ada yang menarik. Aktivitas berbagi sosial menggunakan Google+ sangat-sangat minim. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Google+ menklaim memiliki 170 juta pengguna aktif. Angka ini jauh lebih unggul dari LinkedIn (161 juta) dan Twitter (140 juta), meski tetap kalah dari Facebook (995 juta).

Namun aktivitas berbagi sosial di Google+ sangat minim. Bahkan jejaring sosial Google ini pernah dikatakan sebagai ‘kota mati’.

Dengan demikian bila data yang menunjukkan angka di titik nadir pada aktivitas social sharing Google+ tidaklah mengejutkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda