Scroll to Top

Facebook: Dapat Email Phishing? Kirimkan Pada Kami!

By Ditya / Published on Friday, 10 Aug 2012

Facebook email Phishing

Maraknya email penipuan (phishing) yang membawa nama perusahaan besar termasuk jejaring sosial Facebook ini makin memprihatinkan. Raksasa jejaring sosial ini tidak tinggal diam dengan menghimbau pengguna yang mendapat email phishing agar dikirimkan ke Facebook.

Kasus penipuan yang memanfaatkan nama-nama besar perusahaan internet seperti Facebook, Yahoo atau eBay memang meresahkan pengguna awam yang mudah percaya dengan jebakan pelaku.

Banyak Facebooker yang terkena dampak email phishing, raksasa jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini menghimbau pengguna yang mendapat email phishing agar mem-forward email tersebut ke alamat phis@fb.com secepatnya.

Facebook tampaknya akan mencoba membantu menyelidiki dari mana email phishing tersebut berasal dan siapa pelaku yang mengirimnya.

Email phishing yang mengatasnamakan nama brand ini merupakan masalah besar bagi perusahaan internet, baik yang bergerak di e-commerce maupun di jejaring sosial seperti Facebook.

“Kami memiliki tim yang cukup kuat di sini untuk menangani aktor buruk. Ini akan memberi kami visibilitas tambahan ke email inbox orang, di mana tidak ada mekanisme umpan balik yang baik di tempat,” kata Mark Hammel, insinyur Facebook.

Mengapa Facebook meminta pengguna untuk meneruskan email phishing ke alamat phis@fb.com? Tim Facebook akan menganalisis tautan yang terdapat dalam email tersebut dan melakukan blacklist terhadap tautan tersebut.

Langkah ini dilanjutkan dengan memperingatkan pengguna untuk tidak mengklik tautan yang di-blacklist dan menghimbau untuk tidak memasukan informasi pribadi.

Seperti yang dilansir dari Slashgear kemarin (09/08/2012), Facebook bertujuan untuk menyelesaikan masalah email phishing ini hingga ke akar-akarnya.

Facebook juga akan mengirimkan surat pada pihak hosting yang digunakan situs phishing serta akan mengajukan pidana jika diketahui siapa dibalik email phishing tersebut. Sebuah tindakan yang bagus untuk melindungi pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda