Scroll to Top

Microsoft: Keamanan Outlook.com Lebih Baik Dari Gmail

By Ditya / Published on Saturday, 11 Aug 2012

Outlook.com

Microsoft baru saja melakukan ‘reborn’ layanan email hotmail menjadi Outlook.com yang mampu menarik 1 juta pengguna dalam 6 jam. Tak hanya itu, raksasa perangkat lunak asal Redmond ini juga sesumbar bahwa sistem keamanan Outlook.com lebih kuat dan lebih baik dari Gmail, benarkah?

Penampilan Outlook.com besutan Microsoft ini memang terlihat fresh dan menawan. Microsoft mengklaim layanan email gratisnya ini memiliki sistem keamanan yang lebih baik dari pesaingnya, Google Gmail.

Tidak seperti Gmail yang menggunakan metode two-factor authentication yang dinilai pengguna kurang nyaman, Microsoft menawarkan solusi yang lebih aman tanpa mengurangi kenyamanan pengguna.

Juru bicara Microsoft mengatakan bahwa layanan email gratis Outlook.com ini hanya membutuhkan sebuah password yang kuat dan menawarkan password sekali pakai.

Password sekali pakai ini adalah password yang dikirimkan ke ponsel pengguna melalui pesan teks yang digunakan untuk masuk ke akun tanpa memerlukan password lain lagi. Hal ini berlaku jika pengguna telah mendaftarkan nomor ponselnya di akun Outlook.com.

Seperti yang dilansir dari Mashable (10/08/2012), solusi ini dianggap cukup aman, karena pengguna bisa bebas membuka emailnya dimana pun tanpa khawatir passwordnya dicuri melalui spyware atau keylogger.

Microsoft telah melakukan investasi untuk menemukan solusi yang lebih aman dan nyaman dibanding two-factor authentication yang selama ini digunakan oleh Gmail. Tujuan Microsoft sebenarnya adalah agar semua pengguna dapat menggunakannya.

Microsoft juga mengatakan bahwa hanya sebagian kecil pengguna yang mengaktifkan two-factor authentication di Gmail. Juru bicara Google pun segera menanggapi komentar Microsoft.

“Kami memiliki jutaan pengguna yang telah melakukan 2-langkah verivikasi dan ribuan lainnya mendaftar setiap hari,” kata juru bicara Google.

Kedua raksasa ini memang selalu terlibat persaingan di berbagai layanan dan produk, termasuk Hotmail yang telah berevolusi menjadi Outlook.com dan siap menantang Google Gmail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda