Scroll to Top

Meksiko: Emas Pertama di Cabang Sepak Bola Olimpiade

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 11 Aug 2012

Meksiko

Keberhasilan Oribe Peralta dkk. dalam final cabang sepak bola Olimpiade London 2012 antara Brazil vs Mexico dengan skor 1-2, tidak hanya mengejutkan berbagai kalangan. Tetapi juga mencatatkan sejarah. Ya, untuk pertama kalinya dalam 10 partisipasi di cabang sepak bola Olimpiade sepanjang sejarah, El Tricolor meraih medali emas.

Meksiko pertama kali tampil di cabang sepak bola Olimpiade pada Amsterdam 1928. Ketika itu, El Tricolor langsung tersisih di babak penyisihan (16 besar). Spanyol terlalu tangguh untuk mereka. Skor 7-1 –dengan hattrick Jose Maria Yermo— membawa wakil CONCACAF pulang terlalu awal. Namun, kala itu, belum ada aturan bahwa sebuah negara mesti menurunkan pemain U-23.

Aturan itu baru menimpa Meksiko pada Olimpiade 1992 di Barcelona. Lolos ke putaran final, El Tricolor juga berkutat di babak penyisihan grup. Mereka memang tak terkalahkan, tetapi juga tidak pernah menang. 3 laga, 3 kali imbang. El Tricolor tersisih oleh Ghana dan Australia.

Di Atlanta 1996, pencapaian lebih baik. Setelah menjadi juara grup C, Meksiko melenggang ke perempat final. Di sinilah mereka dihantam sang juara Nigeria dengan skor 0-2. Dua gol dibuat oleh para pemain yang kelak membawa kejayaan Afrika di Eropa, Jay-Jay Okocha dan Celestine Babayaro.

Mexico

Rangkaian lolosnya Meksiko ke putaran final cabang sepakbola di Olimpiade, sempat terputus kala mereka gagal ke Sydney 2000. Harapan kembali menyala di Olimpiade 2004. Namun, kali ini El Tricolor terpatahkan di babak penyisihan grup. Cuma mengantongi nilai 4, mereka didepak oleh Mali dan Korea Selatan.

Lagi-lagi absen di Olimpiade Beijing 2008, Meksiko berbenah. Mereka menjadi juara di kualifikasi zona  CONCACAF untuk London 2012. Dalam lima pertandingan, lima kemenangan diraih. Di sini pula nama Marco Fabian mulai mengilap. Ia menjadi pahlawan di babak kualifikasi dengan 5 golnya.

Brazil vs Meksiko (1)

Dan, di putaran final, El Tricolor membuktikan kehebatan mereka. Meksiko memang pernah tertahan 0-0 oleh Korea Selatan di laga perdana. Namun, hasil seri itu menjadi hasil seri terakhir sepanjang turnamen. Gabon disikat 2-0 dan Swiss ditekuk 1-0 untuk membuat Jose Corona tak terbobol di babak penyisihan grup.

Di perempat final, ujian sempat datang kala melawan Senegal. Unggul 2-0, Meksiko terkejar 2-2. Barulah di perpanjangan waktu, Giovani Dos Santos dan Hector Herrera menjadi pencetak gol yang membawa El Tricolor menang 4-2.

Di babak semfiinal dan final, Meksiko sebenarnya lebih diminorkan daripada lawan-lawan mereka: Jepang dan Brazil. Namun, faktanya, El Tricolor mampu menyabet keduanya untuk meraih medali emas.

Ini adalah medali pertama bagi Meksiko dalam 10 kali keikutsertaan di Olimpiade. Dan, dengan catatan tak terkalahkan di putaran final, mencetak 12 gol, plus cuma terbobol 4 kali, El Tricolor layak berbahagia telah menghancurkan sejarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda