Scroll to Top

PSSI: Persipura Anggap Bergulirnya ISL Mendapat Restu AFC

By Agus Prasetyo / Published on Sunday, 12 Aug 2012

PSSI yang merasa geram dengan keinginan KPSI menggelar ISL November nanti, mendapat tanggapan dari klub Persipura Jayapura. Persipura melalui La Siya beranggapan bahwa bergulirnya ISL, sebenarnya secara tidak langsung mendapat restu dari AFC.

La Siya mengisyaratkan bahwa bergulirnya kompetisi Indonesia Super League (ISL) tahun depan, sebenarnya sudah mendapat restu AFC. Restu itu didapat sepanjang belum ada konsep kompetisi baru.

Menurut Ketua Harian Persipura Jayapura itu, bergulirnya kompetisi ISLpada musim depan sebenarnya menjadi bagian dari Memorandum of Understanding (MoU) pengurus PSSI hasil Kongres Luar Biasa dengan AFC.

“Di dalam MoU itu jelas disebutkan agar Joint Committee merumuskan berbagai hal,termasuk konsep kompetisi yang harus dilakukan melalui kongres. Sepanjang konsep baru itu belum ada, maka kompetisi yang ada baik ISL maupun IPL tetap berjalan” ujar La Siya seperti yang dilansir Inilahjabar.

Hal itu dikatakan La Siya setelah melihat sikap ketua umum PSSI Djohar Arifin yang mengatakan bahwa jika kompetisi ISL bergulir, maka pihaknya akan melaporkannya kepada FIFA dan AFC.

La Siya menjelaskan, dalam MoU PSSI memang tercantum rencana untuk menyelesaikan dualisme kompetisi yang melibatkan ISL dengan Indonesia Premeir League (IPL).

Namun menurut MoU, hal itu bisa berlaku jika Kongres PSSI yang harus bergulir pada tahun 2012 sudah terlaksana dan memutuskan solusi atas masalah dualisme kompetisi.

Selain itu untuk membentuk liga baru akan membutuhkan tahapan yang sangat panjang dan tak bisa dilakukan secara serampangan dengan melihat verifikasi keanggotaan kompetisi.

“Siapapun tahu, membentuk liga baru membutuhkan waktu dan tahapan yang panjang. Itu kalau mau membentuk liga yang profesional dan serius. Bukan seperti yang dilakukan Djohar dan kawan-kawan, tanpa persiapan yang jelas dan serampangan mereka melahirkan IPL. Hasilnya, kompetisi berjalan acak-acakan” tegas La Siya.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda