Scroll to Top

Tips Memfoto Makanan Agar Tampak Menggugah Selera

By Melissa / Published on Sunday, 12 Aug 2012

Tips Fotografi Makanan

Fitur kamera di handphone atau tablet dan layanan fotografi sosial seperti Instagram tentunya memudahkan para penggunanya untuk memfoto makanan mereka.

Sayangnya, foto-foto yang diambil sering berkualitas buruk sehingga justru membuat makanan tersebut tampak tidak sedap dipandang.

Foto yang diambil di restoran atau kafe yang remang-remang disertai piring dan tatanan makanan yang berantakan sudah pasti akan menurunkan selera makan orang yang melihatnya.

Simak tips berikut ini agar foto makanan Anda layak dipamerkan ke teman-teman:

Pilih bahan makanan dengan bijaksana

Jika Anda berencana memasak sendiri lalu memfoto hasil kreasi Anda, pilihlah bahan makanan yang terlihat segar. Selain tentunya lebih sehat, bahan makanan segar akan menampilkan warna yang lebih nyata. Kombinasi warna-warni sayuran dan daging yang dipadu dengan saus berwarna terang biasanya tampak sangat menarik di dalam foto.

Atur penampilan makanan Anda

Tentukan titik fokus makanan yang ingin Anda tonjolkan. Makanan berkuah seperti sop mungkin agak sulit, namun Anda dapat menambahkan beberapa warna dan bentuk seperti potongan cabe, wortel atau krim untuk meningkatkan daya tariknya. Peralatan makan seperti pisau, sendok dan serbet akan menambah komposisi foto Anda dan akan memberikan kesan bahwa makanan itu akan segera disantap.

Pencahayaan yang cukup

Cahaya merupakan kunci dari fotografi. Bersabarlah dalam mengatur posisi piring Anda agar mendapatkan cahaya yang tepat dengan volume cukup untuk mempresentasikan makanan Anda.

Memilih piring

Untuk makanan yang kaya warna seperti salad atau rujak, gunakanlah piring warna putih. Namun ada beberapa makanan yang terlihat menarik jika dipadu dengan latar biru atau kuning. Untuk makanan tradisional, gunakan piring yang juga bernuansa tradisional atau etnik. Jika makanan tersebut tidak memiliki banyak warna, jangan gunakan piring berwarna cerah agar perhatian orang tetap pada makanan Anda.

Sudut yang tepat

Carilah sudut atau angle yang paling bagus agar ukuran, bentuk dan bahan dari makanan Anda terlihat mengundang selera. Ambil foto dari atas jika ingin menonjolkan tekstur atau dengan derajat yang berbeda untuk menampilkan detil dan bentuk makanan.

(via Mashable)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda