Scroll to Top

Cara Menjaga Keamanan Akun Twitter Anda

By Melissa / Published on Tuesday, 02 Aug 2011

kemanan twitterTwitter sebagai layanan microblogging terbesar saat ini adalah media yang cocok untuk melakukan berbagai kegiatan. Dari sekedar menceritakan kegiatan sehari-hari, melihat berita terbaru hingga berbisnis dan melakukan berbagai aksi sosial.

Seiring dengan bertambah besarnya perkembangan Twitter, banyak pengguna yang cemas dengan keamanan akun mereka. Mereka kerap bertanya, “Apa yang harus saya lakukan agar akun Twitter saya tetap aman dan privat?”

Kekhawatiran ini muncul karena makin maraknya berbagai tweet maupun direct message yang meminta para pengguna untuk meng-klik link yang disediakan. Biasanya link ini akan membawa pengguna ke situs yang tidak aman atau virus komputer. Bahayanya lagi, tweet semacam ini dapat dikirim oleh salah seorang teman atau followers kita di Twitter yang ternyata akunnya disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Melalui blognya, Twitter mengatakan bahwa percobaan untuk melakukan hack langsung terhadap Twitter ternyata sangat jarang. Biasanya yang terjadi adalah kegiatan “phishing”, yaitu tindakan mengirim pesan palsu untuk menipu para pengguna agar mau membagi password mereka. “Phishing” ini sering muncul dalam bentuk e-mail palsu, attachment atau layar log-in yang didesain sangat mirip dengan layar log-in milik Twitter.

Pengguna harus mengetahui bahwa Twitter tidak akan pernah mengirimkan e-mail yang meminta Anda untuk menuliskan password Twitter ataupun mengunduh attachment. Sama dengan itu, Anda tidak perlu mengisi password Twitter Anda ke situs apa pun kecuali layar log-in Twitter dan pada aplikasi yang Anda percaya. Yakinkan diri Anda bahwa Anda sedang berada di situs Twitter yang asli dengan cara memperhatikan alamat domain Twitter.com yang tertulis di address bar.

Beberapa tambahan rekomendasi yang dikutip dari Safety Center Twitter:

  • Gunakan password yang rumit dengan sekurang-kurangnya 10 huruf, dan sebaiknya merupakan kombinasi antara huruf, angka dan karakter lainnya. Gunakan juga password yang berbeda untuk setiap situs yang Anda gunakan (misalnya untuk e-mail, perbankan, dll.) agar apabila salah satu akun Anda disalahgunakan, akun Anda yang lain tetap aman. Jika akun e-mail pribadi Anda disalahgunakan, biasanya penyusup akan mendapatkan akses ke akun Twitter Anda.
  • Gunakan HTTPS untuk meningkatkan keamanan di Twitter. Ini adalah teknologi enkripsi yang digunakan untuk melakukan pembayaran online dengan aman.
  • Twitter merekomendasikan untuk menghubungkan telepon Anda ke akun Twitter Anda. Hal ini akan mengamankan akun Anda jika Anda kehilangan kontrol terhadap e-mail pribadi atau password Anda.
  • Jika Anda merasa akun Anda telah disalahgunakan, kunjungi halaman bantuan Twitter untuk mengetahui cara memperbaikinya.

Jika ingin mengetahui update terbaru mengenai keamanan Twitter, para pengguna dapat mem-follow akun @safety dan mengikuti perkembangan di account security help page. Untuk individu dan organisasi yang memakai Twitter untuk kepentingan resmi atau dinas, Twitter for Newsrooms memiliki checklist keamanan agar pengguna dapat semakin meningkatkan keamanan akun Twitter mereka.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda