Scroll to Top

iMac Dan Mac Pro Generasi Mendatang Kemungkinan Tidak Dibekali Drive Optik

By Ditya / Published on Sunday, 12 Aug 2012

iMac

Baru-baru ini muncul kabar bahwa iMac dan Mac Pro generasi baru akan hadir tanpa di bekali drive optik atau yang sering kita sebut sebagai DVD-RW drive.

Apple telah merilis jajaran laptop MacBook Air 2012, MacBook Pro 2012 dan MacBook Pro Retina Display diikuti dengan rilis sistem operasi Mac OSX Mountain Lion. Sedangkan generasi baru dari line up desktop seperti iMac dan Mac Pro generasi baru belum dirilis hingga saat ini.

Sebuah informasi yang dilaporkan oleh AppleInsider mengatakan bahwa generasi baru dari iMac (iMac 13.0) dan Mac Pro (Mac Pro 6.0) akan hadir tanpa dibekali drive optik untuk membaca media CD, DVD atau Blu-ray disc.

AppleInsider juga mencatat dalam Apple Boot Camp Assistant pada referensi file konfigurasi .plist menunjukan daftar Mac yang mendukung booting melalui USB flashdisk.

Boot Camp sendiri adalah perangkat lunak yang menjembatani pengguna Mac yang menginstall sistem operasi lain seperti Windows di mesin Mac mereka.

Dukungan booting melalui USB flashdisk ini memang bukan fitur baru, karena fitur ini sudah tersedia pada Mac yang saat ini beredar.

Seperti yang dilansir dari Tomshardware (12/08/2012), hal yang menguatkan adalah penjelasan Apple yang menunjukan bahwa Apple menyediakan fasilitas bootable Windows 7 dari file image, dan bukan lagi dari DVD.

Seperti pengalaman yang terdahulu, Apple tidak segan-segan untuk menghilangkan fitur-fitur yang tidak lagi menjanjikan. Hal yang sama pernah terjadi ketika Apple menghilangkan floppy drive dari iMac pada tahun 1998.

Saat itu, Apple menggantikannnya dengan solusi penyimpanan awan bernama iDrive yang merupakan hal yang baru di tahun 1998. Fitur iDrive ini akhirnya kurang populer karena koneksi internet saat itu terbatas.

Jika memang benar Apple akan menghilangkan drive optik yang sering dijuluki SuperDrive ini, maka pengguna akan diarahkan untuk menggunakan medua USB storage atau solusi berbasis cloud, iCloud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda