Scroll to Top

10 Catatan Penting Uji Coba Pra-Musim Barcelona

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 13 Aug 2012

Barcelona 4

Barcelona telah selesai menjalani uji coba pramusim mereka. Dimulai dengan duel vs Hamburg (2-1), vs Raja Casablanca (8-0), vs PSG (2-2), vs Manchester United (0-0), dan terakhir vs Dinamo Bucharest (2-0). Sepanjang lima pertandingan ini, ada 10 catatan penting seputar kinerja pasukan Tito Vilanova seperti yang dikutip dari Sport.es.

1-Cederanya Marc Muniesa

Bek masa depan Barcelona ini dihantam cedera setelah tampil sebagai pemain pengganti dalam duel vs Hamburg. Akibatnya, Muniesa mesti absen selama enam bulan. Cederanya Muniesa ini kemudian berpengaruh pada niatan Barcelona untuk memakai para pemain Barcelona B di Piala Super Catalan melawan Espanyol. Sesuatu yang membuat pertandingan ini batal digelar karena Federasi Catalan sejak awal meminta tim intilah yang diturunkan.

2-Lapangan Yang Buruk

Barcelona terkendala dengan lapangan buruk, entah di Tanger Maroko (saat melawan Raja Casablanca) maupun dalam laga vs Dinamo Bucharest di Arena Nationala.

3-Belum Hadirnya Bek Tengah Baru

Tito Vilanova ingin mendapatkan bek tengah. Namun, nama Thiago Silva, Javi Martinez, dan Daniel Agger tak didapatkan. Perburuan Alex Song (Arsenal) mesti dilakukan demi memenuhi kebutuhan pelatih.

4-Sistem Empat Bek

Dalam lima pertandingan, Tito Vilanova selalu menggunakan sistem empat bek. Artinya, selamat tinggal layak diucapkan kepada sistem tiga bek sejajar (3-4-3) yang pernah dipakai Pep Guardiola musim lalu.

5-Terbobol 3 Gol dari 5 laga

Dengan sistem empat bek, pertahanan Barcelona cuma kebobolan 3 kali dari 5 pertandingan.

6-Mencetak 14 Gol dari 5 laga

Barcelona sukses mencetak rerata 2,8 gol setiap pertandingan. Dengan model mencampur pemain muda dengan para senior, hasil ini cukup memuaskan. Seiring dengan berjalannya musim, ada kemungkinan Gerard Deulofeu dimasukkan ke tim senior jika Tito tidak ingin terlalu bergantung pada Lionel Messi.

Barcelona 3

7-Sergi Roberto dan Marc Bartra

Keduanya menjadi pemain yang cukup menarik perhatian. Sergi Roberto adalah gelandang dengan menit bermain terbanyak, sementara Bartra kokoh di lini pertahanan. Dua calon bintang dari akademi La Masia.

8-Kembalinya Para Pemain Yang Cedera

Tidak hanya Andreu Fontas dan Carles Puyol. David Villa yang cedera delapan bulan, akhirnya diturunkan Tito pada laga terakhir melawan Dinamo Bucharest. Sebuah keadaan untuk mempertajam lini depan.

9-Taktik Tito Vilanova Masih Sama dengan Pep Guardiola

Masih menggunakan formasi 4-3-3 dengan false nine-nya, secara umum taktik Tito masih sama dengan Pep.

10-Lionel Messi Sang Top Skor Pramusim

King Leo kembali menunjukkan superioritasnya. Ia mencatatkan 5 gol dari 4 penampilan sepanjang uji coba pramusim. Terbanyak di antara rekan lain.

Lionel Messi 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda