Scroll to Top

Mobil Generasi Terbaru Susahkan Evakuasi Penyelamatan

By Ilham Choirul / Published on Monday, 13 Aug 2012

evakuasi kecelakaan

Mobil generasi  sekarang boleh adu keunggulan. Tetapi, belum tentu mobil-mobil tersebut cukup ramah ketika kecelakaan terjadi. Seperti dikutip Media Indonesia dari USA Today, mobil keluaran terbaru memiliki masalah saat mengalami kecelakaan di jalan raya. Ini dialami oleh banyak regu penyelamat di Amerika Serikat.

Letak permasalahan salah satunya ada di fitur beragam yang ditanamkan pada mobil baru. Regu penyelamat perlu memastikan dulu isi dalam bodi mobil agar tidak sampai tindakan yang diambil justru menimbulkan risiko kecelakaan baru. Misalnya pada mobil yang masih murni memakai mesin BBM murni dengan yang hybrid, penanganannya berbeda. Apalagi pada mobil yang bertenaga listrik, penanganan juga mesti ekstra hati-hati.

Pada mobil yang memiliki fitur bertenaga listrik, regu penyelamat dihadapkan pada masalah kemungkinan terjadinya tersetrum listrik bertegangan tinggi. Ini cukup mematikan bila properti yang dipakai penyelamat tidak memadai dalam menangkal arus listrik. Sementara itu, regu penyelamat masih banyak yang belum dibekali mekanisme penyelamatan pada mobil yang bertenaga listrik. Produsen mobil belum memperhatikan hal ini.

Masalah lain masih banyak. Konstruksi bodi mobil mulai banyak yang memakai bahan baku kualitas tinggi. Sampai-sampai, logam bodi mobil sulit dipotong untuk memudahkan evakuasi krban kecelakaan. Risiko lain adalah jika airbag tiba-tiba meletup yang dapat membahayakan keselamatan regu penyelamat. Inilah yang kadang membuat regu penyelamat frustrasi dalam mengambil tindakan. Menurut mereka , mobil generasi lama justru memiliki kemudahan dalam pelaksanaan evakuasi korban sewatu terjadi kecelakaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda