Scroll to Top

Sebagian Orang Suka Mata-Matai Mantan Lewat Facebook

By Ilham Choirul / Published on Monday, 13 Aug 2012

mantan pacar

Inilah kenyataan yang dialami orang yang mengalami putus cinta di era modern ini. Sebuah studi dari University of Western Ontario, Kanada, mengungkapkan, ada sekitar 88 persen pengguna jejaring sosial memiliki kebiasaan memata-matai mantan kekasihnya. Jejaring yang sering dijadikan media mata-mata adalah Facebook.

Dalam penelitian ini dilibatkan 107 orang yang aktif memakai Facebook. Aktivitas dunia maya mereka dipantau selama empat bulan. Usia mereka 18-35 tahun dan diberikan pertanyaan survey yang berisi tentang hubungan setelah putus cinta dan kaitannya terhadap penggunaan jejaring sosial. Responden yang dipilih adalah yang mengalami putus cinta dalam setahun terakhir dan pertanyaan yang diajukan totalnya 50 buah.

Hasilnya cukup mengejutkan. Meski mereka sudah putus, namun masih muncul sikap peduli terhadap mantan. Seperti dikutip MSN dari Huffingtont Post, 70 persen responden menanyakan keadaan sang mantan lewat teman di jejaring sosial. Sekitar 48 persen responden mengatakan masih berteman dengan mantan. Dan, separuhnya memutuskan untuk menghilangkan kenangan bersama mantan dengan menghapus foto-fotonya di Facebook.

Parahnya, ternyata ada pula yang sakit hati atau terlalu penasaran terhadap mantan. Efeknya, akun Facebook mantan pun diretas. Dari situ ada beberapa responden mengatakan mengetahui masalah sebenarnya kenapa sampai terjadi putus cinta. Setidaknyanya ada 10 responden yang melakukannya dan mengakui cara tersebut tidak etis untuk dilakukan.

Penelitian ini merupakan hasil tesis dari Veronika Lukacs, mahasiswi di University of Western Ontario, Kanada. Judul tesis tersebut adalah “It’s Complicated: Romantic Breakups and Their Aftermath on Facebook”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda