Scroll to Top

F1: Ferrari Akui Banyak Terbantu Cuaca

By Rheza Fadhlillah / Published on Monday, 13 Aug 2012

Ferrari in Wet

Penampilan gemilang Fernando Alonso  sampai memasuki paruh kedua F1 musim 2012 ini diakui direktur teknis Ferrari Pat Fry banyak terbantu oleh kondisi cuaca.

Meski Ferrari memulai musim dengan buruk, Alonso berhasil mengumpulkan tiga seri kemenangan sejauh ini. Dua diantara tiga seri tersebut berlangsung dalam kondisi lintasan basah, yakni di Malaysia dan di Jerman.

Satu-satunya kemenangan di lintasan kering terjadi pada GP Valencia. Itupun dengan catatan pesaing terberat Alonso, Sebastian Vettel dan Lewis Hamilton, gagal finis.

“Jelas, jika lomba di Malaysia seluruhnya berlangsung kering, maka ceritanya akan berbeda”, ujar Fry pada Autosport. “Saya tidak merasa kami bisa bersembunyi di balik fakta bahwa cuaca telah membantu kami.”

“Apakah saya berpikir kami yang tercepat pada kualifikasi yang berlangsung kering? Saya pikir tidak. Tetapi pada dua sesi lintasan basah (Silverstone dan Hockenheim) berjalan dengan lebih mengesankan.”

Fry mengakui Ferrari mendapat banyak keuntungan dari kondisi lintasan basah pada beberapa seri. Akan tetapi ia menolak apabila kemenangan Ferrari disebut hanya faktor keberuntungan.

“Kami beruntung berada di tempat kami berada sekarang. Beberapa di antara itu adalah keberuntungan atas cuaca. Tetapi semua orang mendapatkan kondisi seperti itu.”

“Mereka harus berjalan dan memaksimalkan itu”, lanjut Fry. “Ya, kami memang tertolong dengan cuaca, tetapi kemudian kenapa orang lain tidak mengambil keuntungan atas hal itu?”

Alonso saat ini berada di posisi puncak klasemen sementara kejuaraan mengungguli Mark Webber dengan 40 angka. Seri pertama paruh kedua F1 2012 akan berlangsung di Sirkuit Spa Francorchamp Belgia awal September mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda