Scroll to Top

PSSI: Djohar Arifin Akan Susun Rencana Untuk Membuat Liga

By Agus Prasetyo / Published on Tuesday, 14 Aug 2012

Djohar Arifin

PSSI sepertinya telah mengambil ancang-ancang untuk mempersiapkan sebuah liga, apabila ternyata kerja Joint Committee tidak berjalan efektif. Hal tersebut diisyaratkan ketua umum PSSI Djohar Arifin, kepada wartawan Senin 13 Agustus 2012.

Tak mau kalah dengan kubu rivalnya yang menggulirkan Indonesia Super League (ISL), PSSI di bawah pimpinan Djohar Arifin berencana menggulirkan liga sendiri.

PSSI Djohar yang menaungi IPL, tengah bersaing sengit dengan kubu KPSI di bawah pimpinan La Nyalla Mattalitti yang lebih dulu berencana menggulirkan ISL.

Sebelumnya, kubu Djohar berang dengan mengatakan bahwa bergulirnya liga di luar keputusan Joint Committee (JC) merupakan pelanggaran. Namun kini kubu Djohar tampaknya tidak ambil pusing, apabila kelak memang liga harus berjalan di luar JC.

“Kalau tidak ada penyatuan, (liga) akan jalan sendiri” ungkap Djohar seperti yang dilansir Beritajatim.

Menurut Djohar, rencananya liga musim depan bakal digulirkan mulai Januari 2013. Jadwal tersebut adalah kesepatakan yang telah dibuat antara PSSI dengan federasi lain se-Asean.

“Mulainya Januari atau Februari karena ini adalah kesepakatan di Asean dan Asia, kesepakatan dengan AFC saat April 2012” ungkap Djohar.

JC dibentuk sesuai Nota Kesepahaman (MoU) yang ditandatangani kedua pihak yang bersengketa dihadapan AFC.

Namun badan yang terdiri dari empat orang dari kubu La Nyalla dan empat dari kubu Djohar ini tak bekerja seperti yang diharapkan.

Sejak dibentuk bulan Juni lalu hingga kini, JC baru sekali rapat tanpa hasil yang signifikan. Rapat kedua yang dijadwalkan pada 24 Juli terus mengalami penundaan hingga kini.

Berdasarkan MoU, JC harus bisa menyatukan dua liga dari kubu yang berbeda itu. Namun karena rapat terus tertunda, kubu La Nyalla memutuskan menggulirkan ISL bulan November 2012.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda