Scroll to Top

Jumlah Pemain Asing Barcelona Musim Ini Paling Sedikit dalam 17 Tahun Terakhir

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 14 Aug 2012

Barcelona vs Raja Cassablanca 3

Berapa jumlah pemain asing Barcelona musim ini? Hanya 8. Mulai dari Lionel Messi hingga Ibrahim Afellay. Jumlah ini adalah yang tersedikit dalam 17 tahun terakhir.

Lionel Messi dan Javier Mascherano dari Argentina, Alexis Sanchez dari Chili, Dani Alves dan Adriano dari Brazil, Jonathan dos Santos dari Meksiko, Eric Abidal dari Perancis, dan Ibrahim Afellay dari Belanda. Ya cuma nama-nama inilah yang merupakan skuad asing El Barca musim ini. Selebihnya, dari 25 pemain, 17 di antaranya adalah pasukan lokal Spanyol.

Jumlah pemain asing yang cuma delapan orang ini, adalah yang tersedikit dalam 17 tahun terakhir. Biasanya, setiap musim bergulir, ada belasan pasukan yang berasal dari luar Spanyol. Rekor pemain asing terbanyak di kubu El Barca terjadi pada musim 2006/20007 dan 2007/2008. Ketika itu, ada 15 pemain di klub Catalan.

Sementara, terakhir kali Barcelona memiliki pemain asing dengan jumlah lebih sedikit daripada musim ini, adalah pada musim 1995/96. Ketika itu hanya ada lima punggawa non Spanyol di pasukan Camp Nou. Mereka adalah Robert Prosinecki (Kroasia), Gheorge Popescu dan Gheorghe Hagi (Rumania), Meho Kodro (Bosnia & Herzegovina), serta Luis Figo (Portugal).

Jumlah pemain internasional yang semakin sedikit dari tahun ke tahun sendiri, menunjukkan kebijakan klub untuk lebih mengutamakan pasukan lokal, di samping jebolan akademi La Masia.

Barcelona sendiri, tercatat mendatangkan para pemain Spanyol dalam tahun-tahun terakhir untuk memperkaya skuad mereka. Semisal, Gerard Pique (dari Manchester United), David Villa (dari Valencia), Cesc Fabregas (dari Arsenal), dan terakhir Jordi Alba (dari Valencia).

(fcbarcelona.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda