Scroll to Top

Ina Geoportal: Layanan Perpetaan Lokal yang Tak Kalah dengan Google Maps

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 14 Aug 2012

Ina Geoportal

Layanan perpetaan digital, kini semakin menjamur. Tahukah Anda jika kita memiliki layanan tersebut yang bahkan tak kalah dengan Google Maps? Ya, namanya adalah Ina Geoportal.

Layanan tersebut dalam bentuk situs yang beralamat di TanahAir.Indonesia.Go.Id. Dan dalam website ini sangat lengkap kebutuhan akan perpetaan.

Bakrosurtanal (Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional) yang kini bernama Badan Informasi Geopasial (BIG), adalah fihak dibelakang layanan ini.

Antara menuliskan jika Ina Geoportal bahkan akan lebih valid daripada peta besutan Google: Google Maps.

Kepala BIG Dr Asel Karsidi menegaskan jika Google Maps hanya berupa foto satelit. Ini sangat berbeda dengan Ina Geoportal.

“Google map itu berdasarkan foto satelit jpeg, kalau Ina-geoportal itu peta interaktif, untuk sharing, drag and drop dan lain-lain seperti GIS Application,” beberanya.

Situs ini menyediakan pelbagai peta dasar. Seperti jalan, gunung, ketinggian daratan, batas wilayah, garis pantai, dan lainnya.

Selian itu, Ina Geoportal juga menyediakan peta edukasi. Masuk ke galeri dan temukan peta menarik lainnya. Seperti peta gempa bumi di atas 5.5 skala richter di bawah ini.

Peta gempa bumi di atas 5.5 skala richter
Peta gempa bumi di atas 5.5 skala richter

Ina Geoportal akan secara resmi meluncur pada tahun 2013 kelak. Namun Anda bisa mengintipnya sekarang di tautan berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda