Scroll to Top

Popcorn Bisa Memicu Penyakit Alzheimer

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 14 Aug 2012

popcorn

Makanan popcorn diduga memiliki pengaruh dalam meningkatkan risiko terjadinya penyakit Alzheimer. Dikutip dari CBS News, popcorn memiliki kandungan diacetyl (DA) yang menjadi biang masalah dalam membuat efek protein otak menjadi abnormal. Inilah yang kemudian memicu terjadinya Alzheimer.

Menurut studi dari University of Minnesota di Minneapolis, diacetyl sebelumnya dikaitkan dengan terjadinya masalah pernapasan yang dialami karyawan pabrik popcorn,terutama yang menangani bagian microwave dan bumbu makanan popcorn.

Pada produk popcorn sendiri, diacetyl digunakan untuk memberi rasa dan bau mentega. Selain pada popcorn, diacetyl dipakai pada margarin, permen, roti, hingga makanan hewan. Sementara untuk produk minuman, diacetyl diaplikasikan pada minuman fermentasi seperti bir dan beberapa anggur chardonnay.

Dalam studi ini, peneliti ingin mengetahui apakah diacetyl memengaruhi terbentuknya banyak amyloid yang bisa membuat plak di otak sebagai tanda terjadinya Alzheimer. Diacetyl diketahui memiliki struktur yang mirip dengan zat pembuat protein beta-amyloid.

Pengaruh diacetyl dalam tubuh yaitu tidak menimbulkan peningkatan penggumpalan beta-amyloid, namun membuat efek racun pada sel saraf yang tumbuh. Zat kimia ini juga bisa menembus sawar darah di otak, yaitu sebuah lapisan sel yang bermanfaat dalam menjaga zat berbahaya masuk ke otak dan menembuskan bahan bermanfaat menuju otak. Selain itu, diacetyl mengurangi kerja protein yang melindungi sel saraf.

“Mengingat paparan kronis pekerja industri terhadap DA, penelitian ini menemukan kemungkinan terjadinya gangguan jangka panjang pada toksisitas saraf yang dimediasi oleh DA,” kata Dr Robert Vince, direktur University of Minnesota Center for Drug Design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda