Scroll to Top

5 Hal Penting Tentang Kesuburan

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 14 Aug 2012

kesuburan

Kesuburan menjadi perhatian bagi orang-orang yang sudah menikah. Setiap pasangan biasanya memiliki keinginan kuat untuk meneruskan keturunan.  Terkait kesuburan, ada lima hal penting yang bisa dijadikan informasi bermanfaat agar proses mendapatkan keturunan berlangsung dengan baik.

  1. Posisi bercinta untuk hamil. Tidak ada patokan pasti harus pakai gaya apa untuk bisa hamil. Kehamilan tidak berhubungan dengan posisi tubuh saat bercinta. Namun, beberapa studi memang menyarankan posisi tertentu untuk membantu kehamilan, misalnya doggy style atau missionaris. Tapi, yang lebih penting, saat penetrasi terjadi kontak dengan rahim secara maksimal agar sel sperma bisa masuk ke area sel telur.
  2. Pria memiliki jam biologis terhadap kesuburan. Jika wanita memiiki jam biologis bulanan terkaitnya bagusnya kualitas sel telur, begitu pun dengan pria. Pria yang semakin tua umurnya, menunjukkan ada pengurangan terhadap kualitas sperma.  Kalau kesehatan sperma memburuk, kemungkinan untuk bisa membuahi juga menurun.
  3. Memaksimalkan proses kehamilan saat fase ovulasi terbaik. Sel telur memiliki masa yang sangat berkualitas untuk dibuahi.  Setidaknya ada enam hari subur wanita dalam satu bulan, yaitu lima hari sebelum ovulasi (pelepasan sel telur) dan satu hari pada saat ovulasi. Namun, disarankan, lebih intens melepaskan sperma ke rahim pada dua hari sebelum ovulasi untuk mengefektifkan pembuahan.
  4. Hindari celana ketat. Terutama bagi pria, celana ketat hanya akan membuat sel sperma mati karena kepanasan. Celana ketat, seperti jenis jeans, membuat kantung sperma (skrotum) memanas suhunya. Sperma tidak tahan dengan suhu ekstrim ini. Akibatnya, jumlah sperma akan berkurang banyak. Hal ini berhubungan dengan gaya hidup. Oleh karena itu, perbaiki gaya berpakaian Anda.
  5. Kurangi konsumsi makanan olahan. Lebih disarankan untuk makan tinggi serat dan makanan yang bernutrisi penting. Makanan olahan yang siap makan seringkali ditambahkan zat-zat yang berbahaya dalam jangka panjang, misalnya pengawet. Lebih baik masak sendiri bahan makanan yang bisa disesuaikan nutrisi yang ingin diperoleh. Misalnya, untuk mencegah cacat janin dan meningkatkan sperma, bisa dipilih makanan yang kaya asam folat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda