Scroll to Top

Valentino Rossi Pernah Juara di Sirkuit Sentul 1997

By Naqib Najah / Published on Wednesday, 15 Aug 2012

Valentino Rossi masih mengantongi pundi-pundi pujiannya hingga kini. The Doctor yang baru saja mengejutkan dengan keberaniannya kembali ke pelukan Tim Yamaha, ternyata menyimpan fakta menarik lainnya. Di antaranya, kaitan Valentino Rossi dan Sirkuit Sentul, Bogor.

Membahas kontribusi sirkuit Asia Tenggara di ajang MotoGP, semua mata pasti tertuju pada sirkuit Sepang yang terletak di Sepang, Selangor, Malaysia. Setelah dibuka tanggal 7 Maret 1999, Sepang melejit pamornya sebagai sirkuit dunia. Sentul pun menjadi cemooh di negeri sendiri menyusul keinginan masyarakat kita akan prestasi sirkuitnya seperti sirkuit negara tetangga.

Namun sebenarnya catatan sejarah MotoGP terlebih dahulu menyentuh tanah Sentul ketimbang Sepang. Bahkan, Valentino Rossi pernah meraih gelar juara di sirkuit yang terletak di kota Bogor ini.

Tercatat dua kali Valentino Rossi menunjukkan kualitasnya di Sentul. Yakni pada tahun 1996 dan 1997.

Saat itu MotoGP masih menerapkan regulasi mesin 500cc untuk kelas utama. Sementara Rossi berada di MotoGP kelas 125cc. Tahun 1996 menjadi debut awal Rossi di MotoGP. Saat tiba gilirannya di Sentul, Rossi kalah oleh pembalap Jepang, Masaki Tokudome yang meraih podium utama. Namun di tahun berikutnya, Rossi meraih podium utama di sirkuit yang terlat di desa Babakan itu.

Lebih lengkapnya, sirkuit Sentul pernah menggelar dua kali ajang MotoGP. Dengan data kemenangan sebagai berikut:

1. Tahun 1996

Kelas 500cc: Mick Doohan, Kelas 250cc: Tetsuya Harada, Kelas 125cc: Masaki Tokudome.

2. Tahun 1997

Kelas 500cc: Tadayuki Okada, Kelas 250cc: Max Biaggi, Kelas 125cc: Valentino Rossi.

Sirkuit Sentul tidak lain adalah misi pembangunan sirkuit Formula Satu di Asia. Setelah Jepang menjadi negara pertama, Indonesia menjadi negara berikutnya yang turut campur dalam pembangunan sirkuit Formula Satu, saat itu putra Presiden Republik Indonesia, Hutomo Mandala Putra menjadi aktor penting di balik semua itu.

Berikut adalah link video aksi Valentino Rossi dan Mick Doohan di Sentul, Bogor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda