Scroll to Top

Cara Merawat Rambut Berjilbab

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 15 Aug 2012

jilbab

Kesadaran memakai jilbab saat ini cenderung makin tinggi di antara para muslimah. Selain berfungsi menjaga aurat, dengan berjilbab diyakini juga dapat mencegah terjadinya beberapa risiko penyakit, misalnya kanker leher. Namun, tidak sedikit pula muslimah yang merasa bermasalah dengan rambutnya karena jilbab.

Merawat rambut yang selalu dijilbab memang sedikit berbeda. Ada perlakuan khusus yang sebaiknya dilakukan agar rambut tidak rusak. Dikutip dari MSN, inilah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam merawat rambut berjilbab:

  • Sebelum mengenakan jilbab, pastikan rambut sudah kering. Dalam kondisi basah, rambut yang tertutup jilbab sepanjang hari bisa menyebabkan lepek dan bau tidak sedap. Rambut terlalu lembab bisa menjadi pemicu munculnya ketombe atau masalah kulit rambut lainnya.
  • Pakai shampo yang sesuai dengan jenis rambut. Pilihlah jenis shampo yang menawarkan manfaat sebagai antirontok atau untuk jenis rambut berminyak. Baik pula bila shampo tersebut diperkaya dengan mint atau ginseng yang dapat memperkuat akar rambut.
  • Buat Anda yang berambut panjang, sebaiknya menata rambut dengan dikepang atau dicepol. Jauhi kebiasaan mengikat rambut dengan kencang saat berjilbab. Dengan ikatan longgar, rambu Anda masih bisa bernafas namun tetap tertata dengan rapi dalam jilbab.
  • Kalau ingin memakai jepit rambut, pilihlah yang tidak berbahan metal. Bahan ini jika diterapkan pada rambut dapat mengakibatkan patah atau rapuh. Penjepit dari plastik atau karet lebih disarankan.
  • Agar lebih mudah ditata dan dirawat, mungkin ada baiknya memilih model rambut yang pendek. Dengan begitu, Anda tidak mengalami banyak kesulitan dalam merawat rambut yang selalu dijilbab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda