Scroll to Top

Internet Harusnya Bebas dan Tidak Diatur oleh Siapa Pun

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 15 Aug 2012

Kebebasan Berinternet

Salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak, merasa khawatir akan kebebasan internet yang kian hari makin terbelenggu. Menurutnya, internet harus bebas dan tidak terkekang oleh siapa pun.

Steve Wozniak gerah. Melihat gaduh internet yang dialami oleh Megaupload dan Wikileaks. Lelaki berusia 61 tahun ini tak mengira internet di era sekarang akan berdinamika sedemikian pelik.

“Internet, ketika pertama kali muncul seperti angin segar. Sangat bebas dan tidak memiliki batas. Negara (pemerintah) tidak memiliki dan mengendalikan,” ujarnya pada RT.

Legenda Silicon Valley ini beranggapan jika internet telah mengalami dinamika yang luar biasa semenjak komputer masuk rumah dan menjadi lebih umum.

Steve Wozniak
Steve Wozniak, legenda Silicon Valey dan salah satu pendiri Apple

Peraturan itu sendiri memang memiliki maksud dan niat baik. Meski sifatnya mengekang namun goal yang disematkan memang ditujukan untuk memotreksi pengguna.

Steve Wozniak juga menaruh perhatian khusus pada Kim Dotcom. Menurutnya, pria tambun dan Megaupload-nya hanyalah seperti ‘kantor pos’.

“Dia (Kim) dan layanannya (Megaupload) hanya menfasilitasi layanan yang diduga bermateri ilegal. Ia menjadi kambing hitam dari pemerintah dalam ‘perang salib’ melawan pembajakan,” tambah bapak komputer rumahan ini.

Lain Kim Dotcom lain pula dengan Julian Assange, bos Wikileaks. Whistleblower ini kerap terkena semprot pemerintah yang geram dengan ulah pembocoran rahasia yang kian runyam.

Whistleblower menyajikan kebenaran. Dan orang mengetahui untuk apa uang yang mereka keluarkan (pajak). Dan pemerintah menyatakan hal tersebut adalah salah,” imbuhnya.

Lelaki yang pernah berkunjung ke Indonesia ini menyimpulkan jika perang melawan kebebasan internet adalah sesuatu yang berbuah optimis di masa depan.

Meski ia mengakui nantinya bakal banyak hambatan yang akan ditemui di tengah jalan kemudian.

“Saya percaya kita bisa bergerak lebih dan lebih ke arah netralitas dan bersih. Masalahnya adalah banyak yang harus ditegakkan oleh pemerintah,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda