Scroll to Top

Liga Inggris: Karier Sepakbola Fabrice Muamba Berakhir

By Wan Faizal / Published on Wednesday, 15 Aug 2012

Fabrice Muamba

Kenyataan pahit harus diterima Fabrice Muamba. Setelah melakukan pemeriksaan lebih lanjut atas serangan jantung yang menimpanya lima bulan silam di Stadion White Hart Lane, gelandang Bolton Wanderers itu akhirnya memutuskan untuk pensiun demi keselamatan hidupnya.

Sebelumnya, Muamba sempat kolaps saat Bolton bertanding menghadapi Tottenham di ajang FA Cup, 17 Maret 2012 silam. Jantungnya saat itu sempat berhenti selama sekitar 78 menit.

Harapannya untuk kembali bermain sempat hidup setelah ia mampu menjalani masa pemulihan yang cepat, yakni selama satu bulan saja. Namun harapannya tersebut justru berakhir pada hari ini, 15 Agustus 2012, saat ia secara resmi mengumumkan pengunduran dirinya dari sepakbola.

“Sejak mengalami serangan jantung dan ketika saya bisa keluar dari rumah sakit, saya selalu berpikir positif bahwa saya bisa kembali bermain sepakbola bersama Bolton sekali lagi,” ucap Muamba.

“Pekan lalu, saya terbang ke Belgia untuk menemui spesialis jantung. Namun hari ini saya harus menerima kenyataan pahit dan secara resmi saya mengumumkan pengunduran diri saya dari sepakbola.”

“Sepakbola telah menjadi bagian dari hidup saya sejak kecil. Sepakbola juga memberi saya banyak kesempatan. Namun diatas itu semua, saya menyukai permainan ini dan beruntung bisa bermain di level tertinggi sepakbola.”

“Saya ingin berterima kasih pada semua orang yang telah mendukung saya selama ini, dan fans Bolton yang fantastis. Saya beruntung bisa mendapatkan dukungan dari keluarga dan teman dekat pada waktu seperti ini.”

Kesedihan tak hanya dirasakan Muamba. Pun dengan para awak Bolton yang merasa sangat kehilangan Muamba.

Muamba

“Kami telah berbicara dengan Fab dan ia tahu bahwa kami selalu mendukungnya dalam kondisi apapun. Kami akan selalu ada untuknya,” tutur manajer Bolton, Owen Coyle.

“Kami tahu bahwa ia akan mendapatkan sesuatu yang baik dari rasa kecewanya saat ini. Sesuatu yang paling penting untuknya, yaitu kehidupan.”

Dukungan untuk Muamba juga mengalir dari pesepakbola lain seperti Cesc Fabregas, gelandang Barcelona yang merupakan temannya saat di akademi Arsenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda