Scroll to Top

Android Flash Player Tak Tersedia Lagi Di Google Play

By Ditya / Published on Thursday, 16 Aug 2012

Berita kurang sedap untuk pengguna perangkat Android karena mulai tanggal 15 Agustus 2012 atau kemarin, Adobe Flash untuk perangkat Android resmi tak lagi tersedia di Google Play Store.

Pengembang Flash, Adobe telah mengatakan sejak peluncuran Android 4.1 Jelly Bean beberapa waktu lalau bahwa pihaknya telah menghentikan pengembangan Flash untuk perangkat mobile dan akan berkonsentrasi pada platform PC saja.

Adobe Flash sendiri adalah sebuah plug in pada browser yang memungkinkan browser untuk menampilkan animasi Flash atau web berbasis Flash seperti situs video streaming dan sebagainya.

Seperti yang dilansir dari PCWorld (15/08/2012), Adobe Flash Player sudah tidak lagi tersedia di Google Play dan pengguna tidak lagi mendapatkan update kecuali pengguna yang menggunakan perangkat yang telah terinstall Flash dari produsen.

Sejak Android versi 4.1 Jelly Bean, Adobe Flash Player memang sudah tidak lagi di dukung dan jika pengguna memiliki Flash Player terinstall pada Android 4.1, Adobe menyarankan agar meng-uninstallnya.

Hal yang sama terjadi pada tablet terbaru besutan Google, Nexus 7 yang hadir bersama Android 4.1 Jelly Bean yang tidak mendukung Flash dan browser Chrome yang juga tidak lagi mendukung Flash Player.

Melihat masa depan Flash di perangkat mobile yang suram, beberapa situs penyedia video streaming diharapkan segera meninggalkan Flash dan menggunakan standar HTML5, namun sampai saat ini masih cukup banyak situs web yang masih menggunakan Flash.

Adobe Flash Player memang tak lagi populer, platform Apple iOS pun sejak awal tidak mendukung Flash pada perangkatnya. Pengmbangan Flash untuk platform mobile lain seperti Symbian dan Blackberry juga telah berhenti.

Tak hanya di perangkat mobile, kelak ruang Adobe Flash Player akan semakin terbatas, mengingat sistem operasi terbaru Windows 8 juga memiliki dukungan terhadap Flash Player.

Flash Player akan mati perlahan-lahan dan digantikan oleh HTML5, jadi siapkah Anda beralih ke HTML5?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda